Cara Mendapat Tanggal, Bulan, Dan Tahun Di Ms Excel

Pada kesempatan kali ini aku akan membahas perihal mendapat bab dari sebuah nilai tanggal di excel. Sebenarnya artikel ini terinspirasi atau lebih tepatnya merupakan balasan dari komentar pengunjung yang menanyakan bagaimana cara memisahkan tanggal, bulan dan tahun lahir dari sebuah tanggal yang ada di Microsoft Excel. Seperti yang pernah dibahas sebelumnya pada artikel Cara mengambil sebagian teks di Microsoft excel. Bila nilai tanggal yang akan diambil berupa teks maka kita sanggup mengambilnya sebagai teks dengan fungsi pengolahan string menyerupai LEFT(), RIGHT() dan MID(). Tetapi jikalau nilai tanggal tersebut bertipe DATE, maka kita harus memakai fungsi DAY(), MONTH() dan YEAR().

Oke, sebagai pola kita mempunyai tanggal 29 April 2013 yang biasa kita tulis dalam format month/day/year sebagai 4/29/2013 yang telah kita ketik pada sel A1. Bila kita memakai fungsi untuk string RIGHT() untuk mengambil tahun maka formula atau rumus =RIGHT(A1, 4) maka nilai yang dihasilkan bukan 2013 tetapi 1393 . Kenapa sanggup demikian? Karena tanggal 4/29/2013 sesungguhnya disimpan oleh Microsoft excel sebagai bilangan (number) 41393 sehingga ketika fungsi RIGHT() dijalankan maka akan diambil 4 karakter/huruf dari kanan yaitu 1393 .

Oleh alasannya yakni itu untuk mendapat nilai dari sebuah data bertipe tanggal kita harus memakai fungsi untuk operasi tanggal sehingga untuk mengambil bab tanggal, bulan dan tahun dari nilai tersebut sanggup kita gunakan rumus sebagai berikut:
 

=DAY(A1) untuk mendapat bab tanggal atau hari dalam sebuah bulan

=MONTH(A1) untuk mendapat bab bulan

=YEAR(A1) untuk mendapat bab tahun.

 


Untuk ilustrasi hasil yang didapatkan dengan memakai fungsi DAY() , MONTH() dan YEAR() untuk tanggal 29 April 2013 sanggup dilihat pada gambar berikut :


Pada kesempatan kali ini aku akan membahas perihal mendapat bab dari sebuah nilai t Cara Mendapatkan Tanggal, Bulan, dan Tahun di Ms Excel



 

Tips Cara Mendapatkan Tanggal, Bulan, dan Tahun di Microsoft Excel

Saat anda mengetik sebuah tanggal menyerupai 4/29/2013 maka Microsoft excel akan menyimpannya sebagai sebuah nilai "riil" bertipe tanggal, dan juga otomatis akan merubah format sel menjadi format tanggal atau waktu (date and time). Sedangkan jikalau anda mengetik sebuah nilai tanggal yang tidak sanggup diubah menjadi tanggal maka akan disimpan sebagai teks atau string(misal: "29 april 2013" atau "4/29/2013" ditulis termasuk dengan tanda petik dua atau petik satu)
Lantas bagaimana kita mengetahui teks dan bukan teks dari tanggal yang akan kita dapatkan bagian-bagiannya? Praktis saja. Coba saja fungsi DAY(), MONTH() dan YEAR(). Bila tidak sanggup dipakai berarti input tanggal yang anda berikan sesungguhnya yakni teks, atau dengan kata lain bukan merupakan data bertipe tanggal dan waktu (date or time). Oleh alasannya yakni itu anda harus memakai fungsi untuk teks/string atau mengubah teks tersebut menjadi data bertipe tanggal terlebih dahulu dengan memakai fungsi DATEVALUE() .

0 Response to "Cara Mendapat Tanggal, Bulan, Dan Tahun Di Ms Excel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel