Cara Mengetahui Jenis Kelamin Dari Nomor Ktp Via Excel

Mendapatkan gosip dari Nomor eKTP - Nomor Kartu Tanda Penduduk (KTP) mempunyai hukum pembuatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Nomor Kartu bersifat unik, tidak ada nomor KTP yang ganda/berulang. Setiap angka yang tercantum dalam Nomor KTP mempunyai arti dan makna dari sang empunya kartu tersebut. Dari nomor kartu kita sanggup mendapat gosip Provinsi, Kabupaten dan kota daerah domisili atau kartu tanda penduduk tersebut dikeluarkan, tanggal lahir, dan tentu saja jenis kelamin sang pemilik kartu. Kali ini kita hanya akan membahas bagaimana memilih apakah seseorang itu mempunyai jenis kelamin laki-laki (pria) atau perempuan (wanita) menurut digit yang tercantum dalam KTP. Sebagai contoh, jikalau ada seseorang perempuan yang lahir pada tanggal 19 maret 1984 mendaftarkan untuk memperoleh KTP di Cempaka Putih, Jakarta Pusat, maka nomor KTP yang diberikan yaitu 31 74 10 590384 0001. Mengapa demikian? Karena Format nomor KTP yaitu PPKKCCHHBBTTRRRR
  • PP yaitu nomor instruksi Provinsi daerah dimana diterbitkannya KTP, 31 yaitu instruksi Provinsi DKI Jakarta.
  • KK yaitu nomor instruksi Kabupaten/Kota daerah dimana diterbitkannya KTP, 74 yaitu instruksi Jakarta Pusat.
  • CC yaitu nomor instruksi Kecamatan daerah dimana diterbitkannya KTP, 10 yaitu instruksi kecamatan Cempaka Putih.
  • HH yaitu tanggal hari lahir dari pemilik KTP, khusus untuk perempuan tanggal lahir akan ditambah 40, jadi tanggal lahir 19 akan menjadi 59.
  • BB yaitu bulan lahir dari pemilik KTP, 03 yaitu bulan maret.
  • TT yaitu tahun lahir dari pemilik KTP, tahun 83 maksudnya 1983.
  • RRRR yaitu nomor registrasi, 0001 yaitu yang pertama, bila sudah ada yang menggunakan diganti dengan 0002, 0003, dan seterusnya.
Nah, kembali ke urusan mengetahui jenis kelamin tadi. Untuk mengetahui jenis kelamin berarti kita harus mengambil terlebih dahulu digit ke tujuh dan ke delapan dari nomor ktp. Fungsi Excel MID() sanggup kita gunakan untuk mengambil karakter/digit ke 7 dan 8 sebagai berikut:

=MID(C1;7;2)

Maksud dari rumus tersebut yaitu mengambil abjad dari sel C1 mulai dari posisi abjad ke 7, dan sebanyak 2 karakter. Untuk lebih jelasnya lihat ilustrasi berikut

Setelah nilai tersebut kita dapat, kemudian kita lihat apakah nilainya lebih dari 40 atau tidak. Jika lebih dari empat puluh maka sudah sanggup dipastikan jikalau pemilik nomor KTP tersebut yaitu perempuan (Wanita), jikalau kurang dari 40 berarti pemilik KTP yaitu laki-laki. Asumsi ini dipakai bahwa nomor KTP yang tercantum sudah benar. Selengkapnya penggunaan rumus tersebut sanggup dilihat sebagai berikut:

Pada gambar diatas, cara pertama yaitu penggunaan fungsi MID() dan IF() terpisah. Sedangkan pada Cara kedua, fungsi MID() dan IF() disatukan dalam satu buah rumus / formula.
 

Tips Mengetahui Jenis Kelamin dari Nomor KTP Via Excel

  • Saat menggunakan mid, pastikan pada nomor KTP tidak ada spasi, titik atau abjad lain. Jika ada abjad lain maka harus dihitung juga sehingga posisi abjad tanggal lahir yang di ambil sanggup saja bukan pada posisi 7 dan 8.
  • Untuk instruksi provinsi, kota/kabupaten dan kecamatan sanggup anda lihat pada website Kementerian Dalam Negeri (kemendagri).
 
Anda ingin tau ingin mencoba? silahkan Download file teladan Cara Mengetahui Jenis Kelamin dari Nomor KTP (Microsoft Excel).

0 Response to "Cara Mengetahui Jenis Kelamin Dari Nomor Ktp Via Excel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel