Cara Menghitung Perkalian Bilangan Dengan Gampang Dan Cepat

Cara berhitung perkalian yang mudah - Di jaman internet semua serba mudah. Perkalian bilangan sanggup dilakukan dengan cepat memakai kalkulator, komputer dan juga Handphone. Meskipun demikian, bagi bawah umur sekolah mulai dari SD sampai tingkat SMA/SMK dihentikan memakai alat bantu tersebut ketika ujian. Hal ini ditujukan untuk “menguras” otak sang anak supaya mau bekerja, tidak menyerupai otak patrick teman spongebob yang jarang digunakan. Persoalan yang muncul yakni waktu ujian sanggup tersedot hanya untuk melaksanakan penjumlahan ketika perkalian bilangan. Hal ini tentu sangat merugikan. Ternyata ada cara gampang perkalian dan sanggup dipakai oleh adik-adik pada ketika ujian. Cara ini sesungguhnya cara lama, tapi mungkin masih banyak orang yang belum tahu dengan cara ini. Kemudahannya yakni perkalian dilakukan hanya dengan memakai garis-garis sebagai alat bantu. Bahkan, adik-adik jikalau terlalu pusing maka adik-adik tidak perlu menjumlahkan sama sekali, hanya cukup menghitung jumlah titik saja! Untuk mudahnya kita akan pribadi praktek dengan soal yang gampang terlebih dahulu. Misalkan kita ingin menghitung berapakah hasil perkalian dua digit : 32 x 21 = ......?
 
  1. Pertama – tama kita buat dulu garis-garis yang menggambarkan bilangan 32. Buat tiga garis (warna merah) yang mengatakan tiga puluh dan dua garis (warna hijau) yang menunjukan angka satuan 2 menyerupai yang terlihat pada gambar berikut:
  2. Selanjutnya kita bikin lagi garis untuk bilangan yang kedua, yakni 21, dengan arah yang berlawanan. Berarti dua garis (warna orange) untuk dua puluh dan 1 garis (warna biru) untuk satuan 1 menyerupai yang tampak pada gambar berikut :
  3. Sekarang perhatikan semua titik potong antara ke dua bentuk garis tersebut.
  4. Langkah selanjutnya yakni kita akan membatasi menciptakan kelompok-kelompok dari titik-titik perpotongan tersebut secara vertikal.
  5. Setelah itu hitung semua titik yang ada pada setiap kelompok. Jumlah dari setiap titik itulah hasil perkalian ke dua bilangan. Kaprikornus 32 x 21 = 672. Percaya tidak? Coba saja hitung dengan memakai kalkulator atau via microsoft excel. Hasil perkaliannya dijamin sempurna 100% :D
Bagaimana? Praktis bukan? Setelah mencoba dengan angka yang sederhana, coba saja lakukan penjumlahan dengan angka yang lebih tinggi / bervariasi. Kalau kurang paham coba ulangi lagi saja cara menghitung perkalian dengan garis dari awal atau coba lihat teladan video perkalian di bawah ini. Bila anda kurang puas, silahkan buka cara gampang menghitung perkalian di tab yang baru.
 

 

Tips Menghitung Perkalian Bilangan dengan Praktis

  • Cara ini sanggup dilakukan untuk 3, 4, 5 digit perkalian atau bahkan lebih. Yang penting ketika menciptakan garis untuk kedua bilangan supaya jangan terlalu rapat. Agar semua titik potong dari masing-masing garis sanggup terlihat dengan jelas.
  • Cara ini juga mempunyai kelebihan dibanding cara gampang dan cepat menghitung perkalian yang lainnya. Karena cara ini juga sanggup dilakukan untuk perkalian dengan digit yang berbeda, misal bilangan pertama dua digit bilangan kedua tiga digit, dan lain sebagainya. Cuma anda harus teliti dan sanggup mengelompokkan titik potong dengan benar
Selamat mencoba dan berlatih..

0 Response to "Cara Menghitung Perkalian Bilangan Dengan Gampang Dan Cepat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel