Cara Menghitung Resistor 4, 5 Dan 6 Warna

Rumus Menghitung Nilai Resistor dengan 4, 5 dan 6 Warna - Resistor atau sering juga disebut kendala merupakan komponen dalam rangkaian listrik yang berfungsi untuk menghambat pemikiran listrik. Hambatan yang terdapat dalam resistor mempunyai satuan Ohm atau sering ditulis dengan omega (Ω). Resistor mempunyai lambang R dan dalam gambar rangkaian listrik resistor digambarkan menyerupai sandi rumput, yang naik turun zigzaz dengan tajam menyerupai yang terlihat pada gambar dibawah.

Dalam bentuk komponen listrik, nilai kendala yang ada dalam resistor biasanya “ditulis” dengan memakai pita-pita berwarna, mulai dari 4 warna, 5 warna dan 6 warna. Konsep penggunaan warna tersebut intinya sama aja, hanya untuk yang enam warna ditambahkan lagi dengan koefisien suhu.

  • Pada resistor dengan 4 warna , warna pita 1 dan 2 memperlihatkan koefisien nilai, pita 3 sebagai pengali (multiplier), dan pita ke-4 sebagai ambang batas toleransi.
  • Pada resistor dengan 5 warna , warna pita 1, 2, dan 3 memperlihatkan koefisien nilai, pita 4 sebagai pengali (multiplier), dan pita ke-5 sebagai ambang batas toleransi.
  • Pada resistor dengan 6 warna , warna pita 1, 2, dan 3 memperlihatkan koefisien nilai, pita 4 sebagai pengali (multiplier), dan pita ke-5 sebagai ambang batas toleransi sedangkan pita ke enam sebagai koefisien suhu/termal.
Berdasarkan warna pita maka akan ditentukan berapa nilai resistor sebenarnya. Pada dasarnya akan diharapkan minimal 2 buah pita terakhir untuk pita pengali dan toleransi serta pita koefisien suhu khusus untuk 6 warna. Makara kalau dipetakan maka akan terlihat sebagai berikut : Adapun nilai untuk warna pita sanggup dilihat pada tabel berikut : Bila pita berfungsi sebagai multiplier maka nilainya yaitu 10 pangkat angka pita. Misal pita hitam=0, sebagai multiplier nilainya yaitu 100 = 1. Pita orange=3, sebagai multiplier nilainya yaitu 103 = 10k. Pita hijau=5, sebagai multiplier nilainya yaitu 105, dst.
Untuk lebih jelasnya bagaimana pita-pita tersebut memperlihatkan maksud berapa nilai sebuah resistor menurut bulat pita-pita yang ada maka akan pribadi kita coba praktek menghitung nilai resistor mulai dari yang memakai 4 warna hingga resistor 6 warna.
 

 

Menghitung Hambatan Resistor 4 Warna

Misalkan kita mempunyai resistor menyerupai yang tampak pada gambar dibawah. Hitunglah nilai kendala pada resistor tersebut. Biar sama persepsi, kita asumsikan pita pada resistor tersebut mulai dari pita ke 1 (paling kiri) hingga pita ke-4 (paling kanan) yaitu coklat, hitam, orange dan emas. Bagaimana kita mengetahui bahwa pita toleransi yaitu pita emas bukan pita coklat?? Salah satunya alasannya yaitu warna emas dan perak niscaya merupakan nilai untuk toleransi. Coba lihat tabel warna diatas. Warna emas dan perak tidak ada dalam kolom angka/nilai. Makara warna pita emas harus berada paling kanan (terakhir) yang berfungsi sebagai toleransi.
Selanjutnya kita hitung nilai resistor tersebut:
Makara nilai resistor tersebut yaitu 10 x 103 ohm= 104 ohm = 10k ohm ± 5%
Apa maksud toleransi 5%? Maksudnya, 5% dari 10k ohm yaitu 500 ohm, sehingga nilai resistor tersebut sanggup saja berada antara 9,5k ohm hingga dengan 10,5k ohm.

 

Menghitung Hambatan Resistor 5 Warna

Misalkan kita mempunyai resistor lain dengan 5 pita warna pada resistor menyerupai yang tampak pada gambar dibawah. Hitunglah nilai kendala pada resistor tersebut. Biar sama juga, kita asumsikan pita pada resistor tersebut mulai dari pita ke 1 (paling kiri) hingga pita ke-5 (paling kanan) yaitu orange, orange, putih, hitam dan coklat. Bagaimana kita juga mengetahui pita coklat sebagai toleransi dan bukan pita orange??? Pita coklat (seperti halnya pita emas dan perak) juga berfungsi sebagai penanda toleransi (lihat kolom 3 pada tabel warna). Pita orange bukan sebagai penanda toleransi. Cara lainnya yaitu lihat ada jarak yang cukup lebar antara pita hitam dan pita coklat. Hal ini untuk memisahkan antara pita angka / nilai resistor dengan pita toleransi. Dengan demikian kita tinggal menghitung nilai resistor tersebut:
Makara nilai resistor tersebut yaitu 339 x 100 = 339 x 1 = 339 ohm ± 1%

 

Menghitung Hambatan Resistor 6 Warna

Seperti kedua pola sebelumnya. Misalkan kita mempunyai resistor lain dengan 6 pita warna pada resistor menyerupai yang tampak pada gambar dibawah. Hitunglah nilai kendala pada resistor tersebut. Cara menghitung resistor 6 warna sama dengan resistor 5 warna. Cuma pada pita terakhir yaitu koefisien suhu. Supaya sama, asumsikan warna pita yaitu orange, hijau, putih, merah, coklat dan merah. Makara nilai semua pita yaitu : Makara nilai resistor pada gambar yaitu 359 x 102 = 359x100 = 35900 = 35,9k ohm ± 1% 50 ppm.

 

Menghitung Hambatan Resistor dengan Microsoft Excel

Bagi yang sudah berpengalaman tentu akan gampang untuk memilih berapa nilai resistor sesuai dengan pita yang ada pada resistor tersebut. Bagi yang masih pemula, tentu sanggup memakai alat bantu menyerupai microsoft excel tentunya. mencoba menciptakan excel untuk menghitung nilai resistor menurut pita warna baik untuk 4 warna, 5 warna maupun 6 warna. Anda tinggal mengisikan warna-warna dalam resistor kemudian akan muncul besaran nilai resistor tersebut. Beirkut ini pola screenshot file excel. Anda tinggal memasukkan warna untuk resistor. Nilai resistor akan otomatis terlihat. Untuk mencoba menghitung nilai resistor dengan memakai sheet excel tersebut silahkan saja pribadi download file excel Cara Menghitung Nilai Resistor. Gratis! ;)
 

Tips Menghitung Resistor 4, 5 dan 6 Warna

  • Resistor ada juga yang memakai goresan pena angka / nilai resistor, jadi tidak perlu lagi menghitung pita warna. Anda sanggup memakai resistor tersebut.
  • Untuk yang awam, anda sanggup memakai file excel di atas, lambat laun seiring dengan semakin seringnya penghitungan anda akan terbiasa menghitung secara manual.

0 Response to "Cara Menghitung Resistor 4, 5 Dan 6 Warna"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel