Cara Menandai Warna Angka/Nilai Di Bawah Rata-Rata

Menandai Sel dengan kriteria tertentu dengan warna khusus - Setiap guru mata pelajaran sudah niscaya mempunyai daftar nilai dari murid-murid yang diajarnya. Pada umumnya, guru mata pelajaran selain memperhatikan murid-murid dengan nilai terbaik dikelasnya, juga akan memantau perkembangan murid yang nilainya jelek atau dibawah rata-rata kelas. Bila daftar nilai setiap murid disimpan dalam format spreadsheed menyerupai excel tentu sang guru akan lebih gampang mengetahui siapa saja muridnya yang termasuk dalam kategori kurang atau di bawah rata-rata. Guru tersebut tinggal menawarkan tanda merah atau menandai nilai yang kurang dari rata-rata menyerupai yang tampak pada gambar berikut.

Untuk menandai angka/nilai yang berada dibawah rata-rata menyerupai yang terlihat pada gambar diatas relatif cukup gampang dengan memakai microsoft excel. Berikut ini langkah-langkah yang perlu dilakukan :  

  1. Buka file data murid dan nilainya (atau buat baru) dengan memakai microsoft excel. Misalnya data tersebut menyerupai teladan berikut:
  2. Selanjutnya blok semua nilai tersebut, kemudian klik tombol Conditional Formatting. Lalu klik item Highlight Cells Rules kemudian pilih Less Than
  3. Kemudian muncul dialog Less Than, isikan nilainya dengan angka yang anda inginkan, atau memakai sel referensi. Sebagai contoh, alasannya yaitu nilai rata-rata sudah ada pada cell C17 kita sanggup gunakan saja nilai sel tersebut.
  4. Secara default nilai yang ada dibawah rata-rata tersebut akan mempunyai format sel berupa pink dengan huruf merah(Light Red Fill with Dark Red Text). Untuk mengganti format tersebut pilih salah satu item dari drop down list yang ada atau sanggup juga memakai Custom Format (misalnya kita ingin warna latar kuning dengan abjad teks warna merah)
  5. Untuk menciptakan abjad teks merah pilih tab Font kemudian pilih warna merah pada combo Color.
  6. Untuk menciptakan warna latar kuning caranya pilih tab Fill kemudian pilih warna kuning pada pilihan Background Color kemudian kalau pengaturan format sudah selesai klik tombol OK
  7. Kini format sel untuk nilai yang berada di bawah nilai rata-rata akan mempunyai huruf berwarna merah dengan latar belakang kuning. Selanjutnya lakukan finalisasi dengan mengatur tampilan daftar tersebut

 

Tips Menandai Sel dengan Warna Tertentu untuk Angka/Nilai di Bawah Rata-Rata

  • Penandaan cell memakai Conditional Formatting. Kaprikornus bila ada angka yang memenuhi syarat yang diberikan maka tampilan akan eksklusif berubah. Sebagai contoh, coba ubah nilai yang dimiliki Putri menjadi 60, maka warna sel akan eksklusif otomatis menjadi kuning dengan abjad merah alasannya yaitu nilai tersebut berada di bawah rata-rata.
  • Implementasi penandaan nilai dengan warna menyerupai di atas sanggup juga diterapkan untuk penggunaan lain yang serupa, contohnya tingkat pertumbuhan kabupaten / kota yang dibawah tingkat pertumbuhan provinsi/nasional, nilai siswa yang berada di bawah nilai passing grade, umur setiap siswa yang berada dibawah umur rata-rata kelas, honor pegawai yang berada di bawah rata-rata, dan hal serupa lainnya
  • Aturan penandaan atau pewarnaan cell dengan memakai Conditional Formatting sanggup memakai beberapa kondisi dengan perwarnaan yang berbeda pula.

0 Response to "Cara Menandai Warna Angka/Nilai Di Bawah Rata-Rata"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel