Cara Gampang Mengecek Harddisk Bad Sector

Cara mengetahui bad sector di hard disk - Bad sector pada harddisk mengambarkan bahwa hard disk mulai atau telah mengalami kerusakan. Kerusakan tersebut sanggup berupa rusak secara logik ataupun fisik. Kerusakan secara logik sanggup terjadi alasannya yaitu proses penulisan ke harddisk yang tidak sempurna. Misalnya ketika anda sedang memakai komputer / laptop tiba-tiba pedoman listrik padam sehingga komputer/laptop pun pribadi ikut mati (padahal anda sedang tidak memakai UPS atau baterai laptop). Kejadian tersebut merupakan pemicu kerusakan harddisk yang paling umum terjadi. Adapun kerusakan hard disk secara fisik berarti bahwa harddisk memang rusak secara fisik. Misalnya harddisk tergores oleh head. Hal ini pun sanggup dipicu alasannya yaitu listrik padam.

Nah untuk mengecek bad sector hard disk komputer / laptop kita sanggup memakai utiliti yang disediakan oleh windows yakni chkdsk. Untuk menjalankannya kita harus sebagai eksekutif komputer. Berikut ini pola cara penggunaanya :

  1. Klik Start Menu kemudian ketik cmd
  2. Pada daftar hasil pencarian lihat cmd.exe kemudian klik kanan dan pilih Run as administrator
  3. Selanjutnya ketik chkdsk dan tekan tombol ENTER
  4. Tunggu sampai proses selesai. Perhatikan bab resume. Lihat jumlah bad sector pada ... in bad sectors . Bila 0 mengambarkan harddisk anda higienis dari bad sector.

 

Tips Praktis Mengecek Harddisk Bad Sector

Adanya bad sector harddisk akan sanggup menghipnotis kinerja komputer secara keseluruhan terutama pada drive dimana bad sector tersebut berada. Untuk mengecek drive c: gunakan perintah chkdsk c: . Demikian juga untuk drive d: gunakan command chkdsk d: dan seterusnya. Apabila ditemukan bad sector pada harddisk anda, misalkan di drive d:, maka coba perbaiki dengan menjalankan perintah chkdsk d: /R /B . Bila masih belum bisa, coba gunakan tools / utilitas lain yang dirancang khusus untuk pengecekan hard disk.

0 Response to "Cara Gampang Mengecek Harddisk Bad Sector"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel