Cara Mengurutkan Sheet Otomatis Di Microsoft Excel

Workshet atau sering juga disebut sheet di Microsoft Excel merupakan lembar kerja yang jumlahnya sanggup diubahsuaikan tergantung kebutuhan. Tidak jarang worksheet tersebut kita urutkan menurut nama sheet , dimulai dari kecil kebesar dari abjad A sampai Z (atau dari 0 ke 9), maupun sebaliknya dari besar ke kecil dari abjad Z ke A (atau dari 9 ke 0). Bila jumlah sheet tidak terlalu banyak tentu tidak menjadi masalah. Akan tetapi semakin banyak sheet yang harus diurutkan tentu membutuhkan waktu yang relatif lebih banyak pula bagi kita untuk mengurutkan sheet tersebut satu persatu.


Workshet atau sering juga disebut sheet di Microsoft Excel merupakan lembar kerja yang jum Cara Mengurutkan Sheet Otomatis di Microsoft Excel



Untuk mempermudah pengurutan, aku telah menyebarkan arahan VBA untuk yang sanggup dipakai oleh anda untuk mengurutkan sheet dengan waktu relatif cepat. Anda cukup mengetik atau copy code VBA tersebut pada editor VBA kemudian jalankan. Semua sheet akan pribadi terurut ascending, mulai dari yang kecil ke besar. Kode yang perlu anda ketik dan jalankan ibarat di bawah ini:

Sub _UrutkanSheet123()  ' ========================================================== ' Kode mengurutkan sheet di Microsoft Excel dari  ' Kode ini hanya untuk pemakaian perseorangan dan  ' bukan untuk tujuan komersil ' ==========================================================  Dim a, b, c, p As Integer On Error GoTo Gagal  c = Sheets.Count For a = 2 To c    p = a   For b = a - 1 To 1 Step -1     If Sheets(a).Name < Sheets(b).Name Then       p = b     End If      Next   If p <> a Then     Sheets(a).Move Before:=Sheets(p)   End If Next  Sheets(1).Select  Gagal:   '  Pokoknya jikalau ada error pribadi ke sini (selesai) End Sub  


Bila anda masih belum mengerti / jelas, silahkan petunjuk penggunaan berikut :

  1. Siapkan kode VBA pada jendela gres firefox (klik disini)
  2. Buka aplikasi Microsoft Excel Anda, termasuk workbook/file yang sheetnya akan disortir
  3. Selanjutnya tekan tombol keyboard ALT+F11
  4. Kemudian pada editor VBA klik hidangan Insert kemudian pilih Module
  5. Workshet atau sering juga disebut sheet di Microsoft Excel merupakan lembar kerja yang jum Cara Mengurutkan Sheet Otomatis di Microsoft Excel
  6. Pada text / code editor ketik arahan yang ada di atas tadi, atau jikalau mudahnya copy /paste saja
  7. Setelah arahan diketik/di paste, pastikan semua hasil ketikan telah sama dengan source code dari , kemudian jalankan dengan jalan menekan tombol keyboard F5 atau klik tombol Run
  8. Workshet atau sering juga disebut sheet di Microsoft Excel merupakan lembar kerja yang jum Cara Mengurutkan Sheet Otomatis di Microsoft Excel
  9. Bagi komputer yang mempunyai performans cepat anda tidak akan melihat atau merasa bahwa arahan telah dijalankan. Lebih baik anda lihat saja pribadi urutan worksheet pada microsoft excel anda. Urutan worksheet sudah berubah sesuai dari kecil ke besar.


Workshet atau sering juga disebut sheet di Microsoft Excel merupakan lembar kerja yang jum Cara Mengurutkan Sheet Otomatis di Microsoft Excel


Tips Cara Mengurutkan Sheetdi Ms Excel


Jika anda ingin mengurutkan Sheet dari besar ke kecil (secara descending), maka balik saja tanda < yang ada di arahan VBA menjadi > atau lebih jelasnya kode:
If Sheets(a).Name < Sheets(b).Name Then

Diganti menjadi
If Sheets(a).Name > Sheets(b).Name Then


0 Response to "Cara Mengurutkan Sheet Otomatis Di Microsoft Excel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel