Cara Menandai Nilai Yang Lulus Passing Grade Di Excel

Mewarnai nilai menurut kriteria tertentu - Saat memperlihatkan nilai terkadang kita ingin mengetahui siapa saja yang memenuhi syarat dan masuk kategori lulus sesuai dengan nilai standar yang ditetapkan (passing grade). Bila kita cari satu persatu tentu akan lama, microsoft excel sanggup mempermudah kita untuk urusan tersebut. Ada beberapa cara yang umum digunakan, yakni memakai akomodasi pengurutan (sort) data, penggunaan ranking (rank), dan pewarnaan otomatis. Kali ini kita hanya akan membahas dengan cara pewarnaan otomatis dengan memakai conditional formatting di excel. Untuk lebih jelasnya kita akan eksklusif uji praktek saja ! ;)

  Misalkan kita mempunyai 20 nama dengan nilai yang acak (random). Blok/sorot nilai-nilai tersebut menyerupai yang tampak di di bawah ini.

Untuk menandai nilai-nilai yang lulus (lebih besar dari 59,5) kita akan memakai Conditional formatting. Pertama-tama pada ribbon Home klik tombol Conditional Formatting kemudian pilih Highlight Cell Rules dan klik pada Greater than.. Selanjutnya pada Dialog Greater Than yang muncul berikan batas nilai kelulusan (misal diatas 59,5) kemudian berikan juga warna untuk sel yang sesuai dengan kondisi yang diberikan (misalkan Green Fill with Dark Green Text). Setelah itu klik tombol OK. Kini warna sel pada nilai telah berubah sesuai dengan kondisi yang diberikan. Semua nilai yang lulus dan memenuhi syarat akan berwarna hijau.
 

Tips Menandai Nilai Yang Lulus Passing Grade

  • Keuntungan mewarnai dengan memakai Conditional formatting yaitu urutan nama tidak akan berubah (masih tetap menyerupai semula). Sedangkan jikalau memakai sort (pengurutan) maka urutan nama akan berubah.
  • Untuk kondisi yang lain sanggup anda sesuaikan dengan kebutuhan, misalkan less than untuk nilai yang lebih kecil, equal to untuk nilai yang sama, between untuk nilai antara satu dengan yang lainnya, dan lain sebagainya.

0 Response to "Cara Menandai Nilai Yang Lulus Passing Grade Di Excel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel