Penyelesaian Persamaan Kuadrat (Rumus Abc Di Excel)

cara mencari akar kuadrat memakai microsoft excel - Persamaan kuadrat merupakan sajian wajib dalam mencar ilmu matematika. Persamaan kuadrat yaitu suatu persamaan polinomial berorde dua. Bentuk umum dari persamaan kuadrat yaitu

Dimana a yaitu koefisien untuk kwadrat, b untuk koefisien liner, dan c untuk koefisien konstanta, sedangkan x dan y yaitu variabel yang mempengaruhi persamaan tersebut dan bila digambarkan dalam bentuk grafik maka x akan menjadi sumbu x dan y akan menjadi sumbu y.
Titik potong pada sumbu x yaitu pada ketika nilai y = 0 atau bila ditulis :
ax2 + bx + c = 0. Nilai x yang sesuai untuk persamaan tersebut biasanya akan disebut sebagai akar-akar persamaan kwadrat. Yang secara sederhana sanggup dihitung dengan memakai rumus ABC persamaan kuadrat.

Nilai b2 – 4ac sering disebut sebagai nilai Determinan. Nilai ini memilih apakah persamaan parabola mempunyai titik potong pada sumbu x. Jika nilai determinan kurang dari nol (negatif) maka akar-akar persamaan yaitu imaginer. Untuk mempermudah perhitungan rumus ABC kita sanggup memakai microsoft excel.

Misalkan kita mempunyai persamaan x2 + 3x + 2 = 0.
Untuk menghitung determinan di excel kita sanggup eksklusif melakukannya dengan menciptakan formula =3^2-4*1*2. Akan tetapi bila kita menaruh konstanta a, b, dan c pada sel D3, D4, dan D5 (agar bmudah merubah-rubahnya) maka kita sanggup menghitung determinan dengan jalan memakai rumus =D4^2-4*D3*D5

Selanjutnya kita tinggal melihat apakah determinan negatif atau tidak. Bila determinan bernilai negatif (kurang dari nol) maka akar-akar persamaan kuadrat yaitu imaginer, alasannya yaitu tidak ada nilai dari akar kuadrat bilangan negatif. Sebaliknya, jikalau nilai determinan lebih besar atau sama dengan nol maka akar persamaan kuadrat sanggup diperoleh dengan jalan menghitung nilai (-D4+C7)/2*D3 dan (-D4-C7)/2*D3. Secara lengkap rumus untuk mendapat akar persamaan kuadrat x1 yaitu =IF(C7<0;"Akar Imaginer";(-D4+C7)/2*D3) dan untuk x2 yaitu =IF(C7<0;"Akar Imaginer";(-D4-C7)/2*D3).
Tampilan untuk mencari akar persamaan kuadrat dengan rumus ABC di microsoft excel sanggup dilihat pada gambar berikut:

Bila anda ingin eksklusif mencoba file rumus abc untuk akar-akar persamaan kuadrat versi dot com buat silahkan saja klik link berikut :
Download File Cara Menghitung Akar-Akar Persamaan Kuadrat.
 

Tips Penggunaan Rumus ABC di Microsoft Excel

Dengan memakai hasil perhitungan rumus persamaan kuadrat di excel akan sanggup membantu anda berlatih dalam menghitung akar-akar persamaan kuadrat.

0 Response to "Penyelesaian Persamaan Kuadrat (Rumus Abc Di Excel)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel