Faktor Bilangan

Test Apa itu Faktor ? Pengertian dari faktor bilangan adalah bilangan-bilangan lingkaran yang sanggup membagi habis bilangan itu. Kalau begitu, apa saja yang termasuk bilangan bulat ? Secara umum, bilangan lingkaran terdiri dari bilangan cacah (0, 1, 2, 3, ...) dan negatifnya (-1, -2, -3, ...) Kenapa tidak ada -0? Karena -0 ialah sama dengan 0 jadi tidak lagi dimasukkan secara terpisah (dua kali). Bilangan lingkaran sanggup dituliskan tanpa komponen desimal atau pecahan. Misalnya kita cukup menuliskan 1 -(tidak perlu 1,0) , atau -2 (tidak perlu -2,0).

Kembali ke pokok pembahasan. Dari definisi diatas perhatikan bahwa faktor bilangan ialah bilangan-bilangan lingkaran yang sanggup membagi habis bilangan itu. Artinya apa? Bahwa setiap bilangan faktor mempunyai bilangan lingkaran tertentu sebagai pengalinya. Lebih jelasnya kita akan mulai dengan beberapa pola soal faktor bilangan berikut ini.

Faktor dari 6

Berapakah Faktor Dari 6? Faktor dari 6 ialah 1, 2, 3 , 6 dan -1, -2, -3, -6 . Kenapa demikian? Lihat perkalian dibawah ini:

 

bilangan lingkaran yang sanggup membagi habis bilangan itu Faktor Bilangan

 

Kemudian kenapa -1, -2, -3 dan -6 ialah faktor dari 6 juga? Perhatikan bahwa perkalian dua buah bilangan negatif akan mempunyai hasil sebuah bilangan positif.

 

bilangan lingkaran yang sanggup membagi habis bilangan itu Faktor Bilangan

 

Perhatikan kedua gambar diatas penentuan faktor bilangan. Sebenarnya Kita cukup menghitung hingga setengah perkalian bilangan. Karena untuk selanjutnya kita sanggup dapatkan dengan membalik kedua hasil temuan faktor. Lihat, 1 x6 = 6, demikian juga sebaliknya 6 x 1 = 6. Lalu ada 2x3 = 6, demikian juga sebaliknya, 3x2=6, dan seterusnya.

Selanjutnya, sehabis mendapat bilangan faktor yang positif, kita coba hitung lagi untuk bilangan yang negatifnya. Dengan demikian faktor dari 6 ialah 1, 2, 3, 6, -1, -2, -3, -6 (ada 8 faktor) .

 

Faktor dari 16

Bilangan apa saja yang merupakan faktor dari 16? Faktor dari 16 ialah 1, 2, 4, 8, 16, -1, -2, -4, -8, -16 (ada 10 faktor).

 

bilangan lingkaran yang sanggup membagi habis bilangan itu Faktor Bilangan

 

Coba kini giliran anda mengerjakan beberapa pola soal faktor bilangan berikut ini...

 

 

Faktor dari 18

Bilangan berapa sajakah Faktor Dari 18?

Jawab:

Lihat Jawaban

 

Faktor dari 20

Bilangan apa saja yang merupakan faktor dari 20?

Jawab:

Lihat Jawaban

 

Faktor dari 24

Bilangan berapa sajakah Faktor dari 24?

Jawab:

Lihat Jawaban

 

Faktor dari 30

Sebutkan bilangan-bilangan yang merupakan Faktor Dari 30?

Jawab:

Lihat Jawaban

 

Faktor dari 54

Bilangan berapa sajakah faktor dari 54?

Jawab:

Lihat Jawaban

 

Faktor dari 60

Sebutkan Bilangan-bilangan yang merupakan Faktor Dari 60?

Jawab:

Lihat Jawaban

 
 

Tips Mencari Faktor Bilangan

  • Untuk ahli mendapat faktor bilangan perlu latihan yang tekun
  • Untuk faktor bilangan yang sederhana kita masih sanggup memanfaatkan hapalan kita khususnya untuk perkalian 1 hingga 10
  • Untuk bahasan lebih lanjut lihat juga faktor prima dan faktorisasi prima

0 Response to "Faktor Bilangan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel