Pembagian Pecahan

Cara Menghitung Pembagian Pecahan – Bilangan pecahan merupakan bilangan Istimewa yang menyertakan pembilang dan penyebut. Selain operasi hitung perkalian pecahan, hal yang tidak kalah pentingnya yaitu pembagian pecahan. Yang menarik dari pembagian pecahan yaitu tidak semua pembagian akan menghasilkan nilai yang lebih kecil. Pembagian Pecahan juga sanggup menghasilkan nilai yang lebih besar. Perkalian dan pembagian pecahan sangat dekat kaitannya, dan akan dibahas lebih rinci berikut ini.

Secara umum bilangan pecahan terbagi menjadi dua, yakni bilangan pecahan biasa dan pecahan campuran. Contoh bilangan pecahan biasa ibarat 2/7, 16/5 ataupun 11/3. Adapun pola bilangan pecahan adonan yaitu 31/9, 31/5 dan juga 32/3. Perhatikan, 16/5 dan 31/5 mempunyai nilai yang sama meskipun penulisan kedua bilangan tersebut berbeda (yang pertama pecahan biasa, yang kedua pecahan campuran). Demikian juga dengan 11/3 dan 32/3, keduanya juga mempunyai nilai yang sama.

 

Pembagian Bilangan Pecahan Biasa

Pembagian bilangan pecahan biasa dilakukan dengan melaksanakan perkalian bilangan pecahan, tetapi dengan posisi pembilang dan penyebut dibalik. Apa maksudnya? Untuk lebih jelasnya lihat pola soal berikut :

 

Contoh Soal Pembagian Pecahan 1:

Berapakah 2/7 dibagi 4/5 ?

Jawab  Bilangan pecahan merupakan bilangan Istimewa yang menyertakan pembilang dan penyebut Pembagian Pecahan

Perhatikan. Untuk bilangan 4/5 yang menjadi penyebut dalam pembagian total maka nilai pembilang dan penyebutnya dibalik terlebih dahulu sebelum dikalikan. Jadi, bilangan 4/5 akan dibalik menjadi 5/4, sesudah itu gres dikalikan dengan 2/7. Selanjutnya lakukan perkalian biasa, pembilang dikali pembilang, penyebut dikali penyebut, didapat hasil perkalian tersebut yaitu 10/28 atau sanggup disederhanakan menjadi 5/14.

 

Contoh Soal Pembagian Pecahan 2:

Berapakah 1/5 : 2/3 = ... ?

Jawab  Bilangan pecahan merupakan bilangan Istimewa yang menyertakan pembilang dan penyebut Pembagian Pecahan

Sama ibarat pada proses pembagian sebelumnya, dimana nilai bilangan penyebut yang berupa pecahan 2/3 dibalik terlebih dahulu menjadi 3/2 sebelum dikalikan.

 

Contoh Soal Pembagian Pecahan 3:

Berapakah 3/4 : 2/5 = ... ?

Jawab  Bilangan pecahan merupakan bilangan Istimewa yang menyertakan pembilang dan penyebut Pembagian Pecahan

Sama ibarat juga pada proses pembagian sebelumnya dimana nilai bilangan penyebut yang berupa pecahan 2/5 dibalik terlebih dahulu menjadi 5/2 sebelum dikalikan 3/4. Hasil perkalian berupa pecahan 15/8 sanggup disederhanakan menjadi pecahan adonan 1 7/8.

 

Pembagian Bilangan Pecahan Campuran

Untuk memmpermudah proses pembagian sebaiknya dilakukan dalam bentuk bilangan pecahan biasa. Oleh alasannya yaitu itu, jikalau menemukan bilangan pecahan adonan maka diubah dahulu menjadi pecahan biasa kemudian lakukan proses pembagian ibarat pola diatas.

 

Contoh Soal Pembagian Pecahan 4:

Berapakah 5/6 dibagi 1 2/3 ?

Jawab  Bilangan pecahan merupakan bilangan Istimewa yang menyertakan pembilang dan penyebut Pembagian Pecahan

Perhatikan. Untuk bilangan 5/3 yang menjadi penyebut dalam pembagian total maka nilai pembilang dan penyebutnya dibalik terlebih dahulu sebelum dikalikan. Jadi, bilangan 5/3 akan dibalik menjadi 3/5, sesudah itu gres dikalikan dengan 5/6. Selanjutnya lakukan perkalian biasa, pembilang dikali pembilang, penyebut dikali penyebut, didapat hasil perkalian tersebut yaitu 15/30 atau sanggup disederhanakan menjadi 1/2.

 

Contoh Soal Pembagian Pecahan 5:

Berapakah 31/4 : 2 1/2 ?

Jawab  Bilangan pecahan merupakan bilangan Istimewa yang menyertakan pembilang dan penyebut Pembagian Pecahan

Untuk kedua bilangan pecahan adonan diubah terlebih dahulu menjadi pecahan biasa. Setelah itu gres dilakukan perkalian antar keduanya. Hasil simpulan perkalian didapat 26/20 atau sanggup disederhanakan menjadi 13/10 atau menjadi 1 3/10.
 

Tips Pembagian Pecahan

Dalam melaksanakan pembagian pecahan kita sanggup melaksanakan penyederhanaan khususnya pada dikala kedua pecahan mulai dikalikan. Kita sanggup menyederhanakan sebelum perkalian pecahaan dilakukan. Sebagai pola lihat potongan perkalian pecahan berikut :

 Bilangan pecahan merupakan bilangan Istimewa yang menyertakan pembilang dan penyebut Pembagian Pecahan

Perhatikan. Ada angka 5 pada penyebut dan pembilang (warna coklat dan merah). Kita sanggup membagi kedua bilangan tersebut dengan 5, sehingga didapat 5:5 = 1. Selanjutnya lihat, kita sanggup menemukan angka kelipatan 3, yakni 3 (warna biru) dan 6 (warna hijau). Kedua bilangan tersebut kita bagi dengan 3, sehingga didapat 3:3 = 1; dan 6:3 = 2. Selanjutnya kita gunakan hasil perkalian dengan bilangan yang sudah disederhanakan tersebut. Untuk pembilang didapat 1x1 =1; sedangkan untuk penyebut 2x1 = 2. Kaprikornus hasil simpulan yaitu 1/2.

0 Response to "Pembagian Pecahan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel