Penjumlahan Pecahan

cara menjumlahkan kepingan adonan dan kepingan biasa - Bilangan kepingan memang sering sekali dipakai dalam kehidupan sehari-hari. Penjumlahan kepingan merupakan operasi hitung yang paling sering digunakan. Kenapa penjumlahan sedemikian penting? Karena kita biasanya menjumlahkan bilangan kepingan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, setengah kuintal beras tambah setengah kuintal beras menjadi satu kuintal; Gaji saya dibagi menjadi tiga, sepertiga untuk makan, sepertiga untuk operasional, dan sepertiga ditabung, dan sebagainya. Kesemuanya itu merupakan bentuk dari penjumlahan bilangan pecahan.

 

Cara Penjumlahan Pecahan

Untuk melaksanakan penjumlahan kepingan ada cara yang harus diikuti, atau sanggup dibilang sebagai rumus penjumlahan pecahan, yakni anda harus menyamakan dahulu semua penyebut kepingan yang akan dijumlah. Untuk itu perlu dilakukan konversi bentuk kepingan ke bentuk lain tetapi nilainya harus sama. Misalnya 1/2 mempunyai nilai yang sama dengan 2/4, 3/6, 15/30, 26/52, 200/400, 1000/2000, 1234/2468, dan lain sebagainya. Perhatikan, semua bilangan tersebut mengatakan nilai yang sama dengan 1/2.

 

Contoh Soal Penjumlahan Pecahan

Untuk lebih memahami cara menjumlahkan kepingan akan diperlihatkan bagaimana menjawab aneka macam soal penjumlahan kepingan baik kepingan biasa maupun kepingan campuran.

 

Contoh Soal 1: Penjumlahan Pecahan Biasa

Hitung : 1/3 + 1/3 = ...?

Jawab :

cara menjumlahkan kepingan adonan dan kepingan biasa Penjumlahan Pecahan

Jadi 1/3 + 1/3 = 2/3.

PERHATIKAN.

Warna pada penyebut dan pembilang dibentuk berwarna-warni semoga gampang dalam penelusuran angka dikala proses penjumlahan kepingan dilakukan. Sebagai contoh, pada soal penjumlahan kepingan diatas anda akan melihat angka 1 yang berwarna merah dan hijau dan bagaimana angka tersebut berpindah dikala proses penjumlahan dilakukan

 

Contoh Soal 2: Penjumlahan Pecahan Biasa

Hitung : 1/2 + 1/3 = ...?

Jawab :

cara menjumlahkan kepingan adonan dan kepingan biasa Penjumlahan Pecahan

Kenapa ada pengali 3 pada 1/2? Karena bergotong-royong bukan di kali 3, tapi dikali 3/3 atau lebih tepatnya dikali 1. Ingat ! 3/3 = 1. Kaprikornus tidak merubah nilai atau sanggup dibilang 1/2 = 3/6. Sedangkan untuk 1/3 dikali 2/2 menjadi 2/6. Dengan demikian kedua bilangan kepingan tersebut akan mempunyai penyebut yang sama, yakni 6. Setelah kedua bilangan kepingan mempunyai penyebut yang sama langkah berikutnya yaitu menjumlahkan pembilang-pembilangnya, 3+2 = 5.

Jadi 1/2 + 1/3 = 5/6.

 

Contoh Soal 3: Penjumlahan Pecahan Biasa

Hitung : 3/4 + 4/5 = ...?

Jawab :

cara menjumlahkan kepingan adonan dan kepingan biasa Penjumlahan Pecahan

Jadi 3/4 + 4/5 = 31/20, atau sanggup kita sederhanakan lagi menjadi bilangan kepingan adonan 1 11/20.

 

Contoh Soal 4: Penjumlahan beberapa bilangan Pecahan Biasa

Hitung : 1/2 + 2/3+ 5/6 = ...?

Jawab :

cara menjumlahkan kepingan adonan dan kepingan biasa Penjumlahan Pecahan

Untuk tiga kepingan pun cara yang dilakukan tetap sama, kita harus menyamakan dahulu penyebutnya (menjadi 6). 1/2 diubah menjadi 3/6; 2/3 menjadi 4/6. Setelah itu gres kita jumlahkan ketiga bilangan kepingan tersebut menjadi 12/6 atau jikalau disederhanakan sama dengan 2.

Jadi 1/2 + 2/3 + 5/6 = 12/6 = 2.

 

Contoh Soal 5: Penjumlahan Pecahan Campuran

Hitung : 11/2 + 41/3 = ...?

Jawab :

Cara yang umum dilakukan untuk penjumlahan kepingan adonan yaitu ubah dahulu semua bilangan kepingan menjadi bentuk kepingan biasa, kemudian dijumlahkan ibarat proses penjumlahan kepingan biasa diatas.

cara menjumlahkan kepingan adonan dan kepingan biasa Penjumlahan Pecahan

Jadi 1 1/2 + 4 1/3 = 35/6 = 5 5/6 .

 

Contoh Soal 6: Penjumlahan Pecahan Campuran dan Pecahan Biasa

Bagaimana dengan menjumlahkan kepingan biasa dengan kepingan adonan ?

Hitung : 3/4 + 12/5 = ...?

Jawab :

Seperti cara sebelumnya, untuk penjumlahan kepingan adonan dengan kepingan biasa kita ubah dahulu semua bilangan kepingan adonan menjadi bentuk kepingan biasa, kemudian dijumlahkan ibarat proses penjumlahan kepingan biasa diatas.

cara menjumlahkan kepingan adonan dan kepingan biasa Penjumlahan Pecahan

Jadi 3/4 + 1 2/5 = 43/20 = 2 3/20 .
 

Tips Penjumlahan Pecahan

Bila bilangan kepingan yang mau dijumlah ada banyak / beberapa, maka untuk menyamakan penyebutnya sanggup memakai perhitungan Kelipatan Persekutuan Terkecil diantara semua penyebut pecahan.

0 Response to "Penjumlahan Pecahan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel