Cara Gampang Berguru Microsoft Excel


Microsoft Excel atau biasa sering kita sebut Excel merupakan kegiatan aplikasi spreadsheet buatan Microsoft corporation sebuah perusahaan yang bermarkas di Amerika Serikat. Di masa-masa awal, excel yang berbasis under windows bersaing ketat dengan lotus yang pada awalnya berbasis under DOS untuk menjadi pemimpin aplikasi spreadsheet. Seiring dengan berjalannya waktu, pengguna lebih familiar dengan penggunaan kegiatan berbasis grafis menyerupai windows dan MacOS. Kepopuleran Excel pun meninggalkan lotus jauh dibelakang.
 

Microsoft Excel Aplikasi Spreadsheet populer

Excel sebagai aplikasi spreadsheet mempunyai keunggulan dalam pembuatan tabel, perhitungan atau kalkulasi data, pengaturan tampilan (formatting) serta pembuatan chart atau grafik. Sehingga sudah sewajarnya, kegiatan aplikasi tersebut digunakan mulai dari perusahaan besar, instansi pemerintah, sampai untuk skala rumah tangga atau bahkan per orangan. Oleh lantaran itu, siapapun cocok dan sanggup berguru excel lantaran excel sanggup membantu memudahkan banyak sekali pekerjaan baik mulai dari pencatatan keuangan, pembuatan tabel, statistik dan analisis data penelitian, pembuatan formulir maupun perhitungan matematis baik yang bersifat untuk kepentingan langsung maupun korporasi.

 

Dukungan Resource Excel yang Melimpah

Dengan cakupan pemakaian yang luas, microsoft excel bersama microsoft word mendominasi dan bahkan menjadi alat bantu utama dalam kegiatan sehari-hari. Lebih jauh lagi, komputer atau laptop kurang lengkap rasanya bila tidak ada kedua kegiatan tersebut. Dengan demikian sudah sewajarnya kedua kegiatan tersebut diperkenalkan dan diajarkan semenjak dini kepada siswa Sekolah Menengah Pertama atau bahkan siswa SD. Hal ini ditunjukkan dengan banyaknya buku cetak dan ebook, modul dan materi didik maupun tutorial dan panduan excel yang beredar luas di masyarakat maupun di internet baik untuk tingkat pemula maupun hebat (expert) yang disediakan secara gratis (free) maupun berbayar.

 

Mengenal aplikasi Excel

Hal paling penting untuk bisa memakai Excel yaitu anda harus mengetahui wacana interface Excel. Interface Excel mempermudah pengguna untuk melaksanakan dan menuntaskan pekerjaannya,. Dari sekian banyak elemen yang ada, ada beberapa komponen penting yang mutlak harus diketahui, yakni Office Button, Ribbon dan toolbar, Worksheet, formula bar, baris dan kolom, dan tentunya sel yang aktif. Untuk lebih jelasnya sanggup anda lihat tampilan antarmuka (interface) Microsoft Excel di bawah ini.




 

Fitur Fungsi yang tersedia di Excel

Keunggulan utama aplikasi spreadsheet yaitu tersedianya bermacam fungsi yang sanggup digunakan untuk membantu menuntaskan pekerjaan atau kiprah kita lantaran untuk urusan hitung menghitung kita tinggal memakai fungsi yang sesuai. Pengetahuan dasar yang dibutuhkan untuk memakai rumus atau formula di Excel diantaranya berkaitan penamaan sel dan range, serta bagaimana cara melaksanakan passing parameter pada fungsi biar memperlihatkan hasil sesuai dengan yang diharapkan. Seiring dengan pengalaman yang akan anda dapat, anda akan mengetahui dengan baik fungsi mana yang terbaik untuk digunakan dalam melaksanakan manipulasi data untuk menuntaskan kasus yang anda hadapi.

 

Antarmuka (Interface) Excel yang User Friendly

Kemudahan untuk mengatur tampilan juga merupakan prioritas unggulan software spreadsheet ini. Pengguna sanggup dengan gampang mengatur tampilan tabel dan data biar menarik dan gampang dibaca, baik hanya untuk sekedar ditampilkan dilayar, pencetakan di atas kertas sampai untuk ditampilkan di website. Aplikasi ini memperlihatkan berbagai fitur untuk formating cells sehingga anda bisa melaksanakan nyaris semuanya hanya dengan memakai klik mouse baik untuk menciptakan border, warna, format nomor dan angka, mata uang, pecahan dan desimal, negatif, jam dan tanggal, jenis font, ukuran huruf, merge cells, arah rotasi teks, alignment, indent, kondisional formatting, dan masih banyak lagi.

 

Dukungan Fasilitas Pembuatan Grafik

Seperti halnya kemudahan pengaturan format sel, membuat grafik dan chart juga merupakan akomodasi yang sanggup anda temukan dan lakukan dengan mudah. Program ini menyediakan bermacam jenis grafik dan chart yang siap anda pakai. Anda bisa membuat diagram batang/kolom, grafik garis (line), grafik pie/kue, bar, scatter plot maupun grafik jenis lain menyerupai donut,surface 3D maupun grafik sparkline. Siapkan data anda kemudian biarkan sisanya excel yang akan menyelesaikan. Kemudian anda tinggal melaksanakan finishing dengan mengatur tampilan maupun elemen dalam grafik tersebut.

 

Kemudahan penyisipan object

Aplikasi ini juga mempunyai kemampuan yang tidak jauh berbeda dengan Microsoft Word. Anda bisa menciptakan gambar memakai aplikasi lain kemudian menambahkan gambar tersebut ke dalam dokumen atau untuk mengganti dan menukar dengan gambar yang sudah ada. Kemudian menciptakan garis dan bentuk shape lainnya, menghiasi dokumen dengan WordArt, ataupun menambahkan struktur organisasi yang dibentuk dengan SmartArt juga sanggup anda lakukan dengan mudah. Melalui akomodasi header dan footer penambahan field khusus menyerupai nomor halaman, tanggal, nama file/dokumen, maupun gambar logo juga bukan problem berarti.

 

Kemampuan untuk menyebarkan (sharing) data dengan aplikasi lain

Data yang anda miliki di Excel juga bisa di transfer atau di sharing untuk digunakan oleh kegiatan lain. Data tersebut bisa diperlakukan layaknya sebuah tabel dalam database. Anda bisa mengedit, menghapus maupun menambah data menyerupai halnya anda melaksanakan manipulasi data pada database menyerupai Microsoft Access, Oracle, SQL Server maupun MySQL.


 

Back to Top of Page

0 Response to "Cara Gampang Berguru Microsoft Excel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel