Cara Menentukan Judul Skripsi/Thesis Atau Tema Penelitian

Bila kita kuliah baik itu Diploma maupun Sarjana (S1) atau master (S2) pada balasannya kita diharuskan menciptakan karya tulis ilmiah sebagai Tugas Akhir (Final Assignment) berupa skripsi maupun thesis yang didasarkan atas penelitian kita terhadap sesuatu. Langkah pertama yang harus kita lakukan biasanya yaitu menentukan dan menentukan topik penelitian apa yang akan kita angkat untuk diteliti. Penentuan topik atau tema yang kemudian mengkerucut menjadi judul penelitian tampaknya hal yang simpel dilakukan tetapi pada kenyataannya susah untuk diterapkan. Bila anda ketika ini sedang bingung, jangan rendah diri. Karena semua teman-teman anda dan termasuk mahasiswa tingkat final lainnya juga sedang galau atau setidaknya pernah mencicipi hal yang sama dengan yang anda rasakan ketika ini. Berikut ini merupakan 5 hal yang dapat dijadikan masukan bagi teman-teman dalam menentukan judul skripsi atau teseis apa yang kira-kira akan diambil.

Bila kita kuliah baik itu Diploma maupun Sarjana  Cara Memilih Judul Skripsi/Thesis atau Tema Penelitian

Ketahui "Standar" Skripsi atau thesis pada Perguruan tinggi Anda

Untuk memulai melaksanakan penelitian anda harus mengetahui terlebih dahulu kira-kira standar menyerupai apa yang diinginkan oleh perguruan tinggi tinggi atau universitas kawasan anda menimba ilmu. Untuk lebih gampangnya, datangi perpustakaan kampus kemudian lihat judul atau topik skripsi dan thesis yang ada. Ambil kesimpulan dari survei atau observasi anda.

Persempit Bidang Penelitian

Persempit area cakupan ilmu yang akan anda angkat menjadi penelitian. Hal ini akan mempermudah menentukan topik atau judul penelitian. Pilihlah bidang yang benar-benar anda kuasai ilmunya.

Ketersediaan Data Penelitian

Pertimbangkan akomodasi anda dalam mendapat data penelitian baik berupa data primer maupun sekunder. Meskipun topik atau tema yang anda pilih sudah sangat anggun dan memenuhi persyaratan tetapi jikalau nantinya anda akan mengalami kesulitan dalam pengumpulan data maka sebaiknya batalkan saja topik penelitian tersebut dan ganti dengan yang lain.

Pertimbangkan "Hot topic"

Hot topic atau tema yang sedang musim biasanya akan memenuhi persyaratan dari kampus dan biasanya akan disetujui oleh (calon) pembimbing anda. Jangan ragu untuk menanyakan pada dosen mengenai topik atau tema yang sedang hangat dibicarakan dikalangan dunia pendidikan khususnya yang berkaitan dengan ilmu yang anda pelajari.

Perkirakan Waktu Penelitian yang dibutuhkan

Jika sebuah topik dianggap layak, perkirakan juga waktu yang diperlukan untuk menuntaskan peneltian tersebut. Idealisme bagus. Tetapi umumnya orang akan memandang bahwa teman-teman anda lebih anggun sebab mereka lulus satu atau dua tahun lebih awal daripada anda dengan nilai sidang skripsi/thesis yang sama dengan anda. :D


 

Tips Cara Memilih Judul Skripsi/Thesis atau Tema Penelitian

  • Ketika menciptakan karya ilmiah baik itu skripsi ataupun thesis, membuatkan dan menemukan sesuatu yang gres tentu akan lebih dihargai daripada Cuma sekedar menggandakan atau apalagi menjiplak (plagiat).
  • Jadilah diri anda sendiri dengan menciptakan skripsi atau thesis dari penelitian yang seideal mungkin berdasarkan anda, sebab ketika anda masuk di masyarakat dalam dunia nyata, hal-hal yang ideal tidak sepenuhnya lagi dapat anda lakukan.
  • Pikirkanlah rencana anda dengan baik kemudian lakukan apa yang berdasarkan anda semestinya harus dilaksanakan. Jangan terlalu terpaku pada sebuah rencana saja. Mulailah bekerja dan jangan simpel putus asa!

0 Response to "Cara Menentukan Judul Skripsi/Thesis Atau Tema Penelitian"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel