Cara Mempermudah Perhitungan Di Ms Excel

Perhitungan di microsoft excel sering memakai konstanta (misal bilangan 45, 4.7, dsb ) ataupun dengan rujukan sel (misal A3, B7, dsb). Bila terjadi error pada hasil perhitungan, biasanya kita melihat rumus dan bertanya-tanya untuk setiap rujukan sel yang dipakai yakni nilai untuk apa. Karena kita lupa sel A3, B7, dsb maka kita harus melihat kembali ke sel-sel tersebut. Tentu rumus akan lebih gampang dimengerti jikalau kita menulisnya mendekati atau sesuai dengan rumus yang biasa kita gunakan, misalkan untuk menghitung luas kita hanya perlu menulis rumus =panjang*lebar, atau pola lain untuk menghitung diskon: =harga*potongan, dan lain sebagainya.
Sebagai pola kita akan menghitung luas dengan rumus:
Luas = panjang x lebar

  1. Pertama-tama buat data untuk sisi panjang dan lebar
  2. kemudian klik sel untuk nilai panjang kemudian pilih tab ribbon formula lalu klik tombol Define Name
  3. Perhitungan di microsoft excel sering memakai konstanta  Cara Mempermudah Perhitungan di Ms  Excel
  4. Selanjutnya akan tampil dialog New Name . isikan pada kotak Name dengan panjang . Isikan kotak Comment dengan komentar ataupun deskripsi wacana nama tersebut untuk mempermudah anda mereview kembali. Lalu klik tombol OK .
  5. Lanjutkan proses tersebut kembali untuk sel yang akan dipakai untuk lebar .
  6. Perhitungan di microsoft excel sering memakai konstanta  Cara Mempermudah Perhitungan di Ms  Excel
  7. Setelah menciptakan dua buah nama baru, yakni panjang dan lebar , kini kita gunakan dalam perhitungan. Isikan pada sel luas untuk hasil perkalian panjang dengan lebar, dengan rumus (formula) =panjang*lebar
  8. Panjang dan lebar akan merujuk kepada sel yang tadi anda buat . Bagaimana? Rumus tersebut tentu akan lebih gampang untuk dibaca bukan?! ;)



Perhitungan di microsoft excel sering memakai konstanta  Cara Mempermudah Perhitungan di Ms  Excel



 

Tips Cara Mempermudah Perhitungan di Microsoft Excel

Penamaan sel di microsoft excel tidak terbatas hanya pada satu sel (individu) saja, akan tetapi kita juga dapat menciptakan penamaan sel untuk range sel tertentu yang terdiri dari banyak sel.

0 Response to "Cara Mempermudah Perhitungan Di Ms Excel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel