Cara Menemukan Kata Didalam Goresan Pena Di Ms Excel

Pencarian sebuah kata atau penggalan kalimat dalam sebuah goresan pena sering dipakai untuk memilih proses selanjutnya yang akan dilakukan. Hal ini menyerupai dengan penggunaan kriteria “contains” pada ketika memakai filter di Microsoft excel.
Sebagai contoh, bila pada sebuah sel yang ada pada kolom daftar perguruan tinggi tinggi terdapat kata”universitas”, maka goresan pena pada kolom pimpinan akan berisi “rektor”, sedangkan bila terdapat penggalan kalimat “sekolah tinggi”, maka kolom pimpinan akan berisi “ketua”, dan seterusnya.
Untuk melaksanakan proses menemukan kata/teks yang ada di dalam goresan pena tersebut kita sanggup memanfaatkan kemudahan SEARCH(). kalau dibentuk rumus maka akan tampak kira-kira menyerupai berikut:


=SEARCH( teks_yang_dicari, dalam_teks, posisi_mulai_pencarian)



Dimana teks_yang_dicari kita isikan dengan teks yang akan dicari, misal kata “universitas”,
dalam_teks ialah goresan pena atau kalimat daerah pencarian, misal “universitas maju tak gentar”, dsb.
psosisi_mulai_pencarian ialah posisi mulai karakter daerah pencarian (optional), jikalau tidak diisi akan dianggap mulai dari karakter pertama (dari depan/awal).

Jika teks_yang_dicari ditemukan maka fungsi SEARCH() otomatis akan memperlihatkan nilai posisi awal teks tersebut di dalam_teks jikalau tidak ditemukan maka fungsi SEARCH() akan menghasilkan nilai error #VALUE!.

Penggunaan fungsi SEARCH() biasanya juga digabungkan dengan fungsi IF() dan ISERROR(). Sebagai pola lihat ilustrasi pada gambar di bawah ini, jikalau ditemukan kata universitas pada sel A1 maka sel C1 akan ditampilkan kata “rektor”, jikalau tidak akan ditampilkan kata “lainnya” atau ditulis dalam rumus excel:
=IF(SEARCH("universitas",A1),"rektor", "lainnya")


Pencarian sebuah kata atau penggalan kalimat dalam sebuah goresan pena sering dipakai untuk me Cara Menemukan Kata Didalam Tulisan di Ms Excel


 

Tips Cara Menemukan Kata Didalam Tulisan di Sel Microsoft Excel

Fungsi SEARCH() tidak membedakan antara abjad kapital dan biasa (kecil), atau sering disebut case insensitive , sehingga abjad “A” akan dianggap sama. Jika anda ingin membedakan antara “A” dan “a” maka gunakan fungsi FIND().

0 Response to "Cara Menemukan Kata Didalam Goresan Pena Di Ms Excel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel