Cara Menghitung Umur/Usia Dengan Ms Excel

Perhitungan umur/usia sering dipakai untuk memilih seseorang baik yang sudah sampaumur maupun masih bayi telah sesuai dengan syarat yang ditetapkan. Sebagai contoh, dikala membeli tiket kereta api, seorang anak akan diberikan harga tiket bayi kalau berumur dibawah 3 tahun (dan tidak mengambil daerah duduk sendiri). Atau memilih apakah seseorang mempunyai hak pada pemilu menurut umurnya (17 tahun), sanggup mendaftar PNS bila berada di bawah 30 atau 35 tahun, atau dianggap masih belum dewasa dikala insiden berlangsung (dibawah 18 tahun) dan masih banyak pola lainnya.
Untuk menghitung umur seseorang pada tanggal tertentu kita sanggup memakai fungsi DATEDIF() yang disediakan di microsoft excel. untuk lebih jelasnya lihat pola berikut:

  1. Misalkan sel B1 berisi tanggal lahir seseorang, sel B2 yaitu tanggal dikala ini (dihitung umurnya sampai tanggal dikala ini)
  2. Maka untuk mendapat umur dalam tahun, bulan dan hari yaitu sebagai berikut:
    • Pada sel B4 ketik rumus =DATEDIF(B1,B2,"Y") untuk mendapat usia tahun
    • Pada sel B5 ketik rumus =DATEDIF(B1,B2,"YM") untuk mendapat usia bulan
    • Pada sel B6 ketik rumus =DATEDIF(B1,B2,"MD") untuk mendapat usia hari


usia sering dipakai untuk memilih seseorang baik yang sudah sampaumur maupun masih bayi  Cara Menghitung Umur/Usia dengan Ms Excel


 

Tips Cara Menghitung Umur dengan Microsoft Excel


  • Untuk menyatukan tahun, bulan dan hari dalam satu sel dengan keterangannya anda sanggup menggabungkan ketiga rumus menjadi =DATEDIF(B1,B2,"Y") & " tahun " & DATEDIF(B1,B2,"YM") & " bulan " & DATEDIF(B1,B2,"MD") & " hari"
  • Untuk lebih terang parameter dan penggunaan fungsi DATEDIF() sanggup dilihat pada cara menghitung selisih dua tanggal di microsoft excel

0 Response to "Cara Menghitung Umur/Usia Dengan Ms Excel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel