Cara Memindahkan My Documents Ke Drive D:, E:, F: Dst

Pertanyaan pertama yang paling sering diajukan dikala komputer akan di install ulang ialah : Apakah semua data sudah di pindah ke Drive D:? juga kadang dipastikan dengan : Sudah tidak ada data lagi di drive C:? Seperti yang selalu kita lakukan, kita biasa menyimpan data di folder My Documents yang sudah disediakan oleh Windows. Parahnya (jika dapat dibilang demikian), secara default (bawaan) Windows akan menaruh data yang ada di folder My Documents pada drive C: . Makara jikalau sesuatu yang jelek terjadi pada komputer/laptop, baik itu terkena virus komputer ataupun kegagalan sistem windows (error), maka resiko kehilangan data yang ada pada drive C: sangat besar. Oleh karena, menyerupai kata pepatah lama, sedia payung sebelum hujan akan sangat berarti. Sebaiknya lokasi folder My Document biar dipindahkan dari drive C: ke drive lain yang ada di komputer, baik drive D:, E:, atau yang lainnya. Untuk mengganti lokasi folder My Document ikuti langkah-langkah berikut:
  1. Buka windows Explorer, kemudian buka sampai terlihat icon My Documents. Klik kanan pada My Documents kemudian pilih properties
  2. Pada dialog My Documents Properties pilih tab Location. Isikan drive / folder lokasi pada kotak yang disediakan, atau mudahnya klik tombol Move kemudian pilih folder lokasi My Documents yang baru, misal di drive D:, E:, F: atau drive lainnya (selain drive C:)
  3. Sebagai contoh, sehabis tombol Move di klik, melalui dialog Select Destination misalkan kita pindahkan lokasi folder My Documentske drive E: . kita juga dapat memilih folder khusus untuk My Documents, misalkan di folder E:\MyDocs . Setelah itu klik tombol Select Folder. Lalu klik OK. Jika ada konfirmasi pemindahan semua file ke lokasi yang gres maka jawab saja dengan YES (setuju). Kini lokasi folder My Documents sudah dipindah ke drive E:\MyDocs. Resiko kehilangan data sekarang telah berkurang.

 

Tips Memindahkan My Documents ke Drive D:, E:, F: atau yang lainnya

Setelah dipindahkan, secara sistem nama folder sasaran E:\MyDocs akan bermetamorfosis E:\My Documents. Meskipun demikian kita tetap dapat mengakses dengan nama E:\MyDocs.

0 Response to "Cara Memindahkan My Documents Ke Drive D:, E:, F: Dst"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel