Cara Sharing Printer Di Windows 7/8

Berbagi pakai printer di network - Bekerja di dalam jaringan komputer sanggup menghemat dan mengoptimalkan semua sumber daya yang tersedia di network, termasuk untuk penggunaan printer secara bersama-sama. Maksudnya, setiap orang yang terkoneksi di dalam jaringan sanggup mencetak ke printer manapun yang “dibagikan” oleh sang empunya. Kaprikornus anda sanggup eksklusif mencetak ke printer yang ada di ruangan sobat kerja anda tanpa harus membawa printer tersebut ke ruangan anda, atau sebaliknya, sobat anda sanggup mencetak laporan dengan memakai printer anda tanpa harus bersusah payah.
Sebelum printer sanggup dipakai bersama, printer harus di “share” terlebih dahulu ke komputer yang ada di jaringan. Berikut ini cara untuk sharing printer di Windows :
  1. Tampilkan daftar printer di windows dengan cara klik Start menulalu klik Device and printers.
  2. Selanjutnya, dari jendela device and printers, pilih Printer yang akan di share ke jaringan (network), contohnya printer aku Canon iX6500 series. Klik kanan pada printer tersebut kemudian pilih Printer properties.
  3. Selanjutnya buka tab Sharing. Jika anda belum mengaktifkan opsi share, maka anda harus aktifkan dulu dengan klik tombol Change sharing options.
  4. Langkah berikutnya ialah menunjukkan nama untuk printer yang di share. Misalkan gunakan saja nama yang direkomendasikan ( Canon iX6500 series). Setelah itu klik tombol OK. Printer anda sekarang telah di sharing di network.

Cara Koneksi ke Printer yang sudah di sharing di network

  1. Agar sobat dan rekan anda sanggup mengakses printer, printer tersebut harus di daftarkan dulu pada daftar komputer/laptop sobat anda. Caranya, buka window explorer. Setelah itu buka icon Network kemudian pilih buka icon komputer dengan nama komputer anda (yang mempunyai dan share printer), misal ac2xx.
  2. Setelah itu klik kanan pada printer yang di share dan pilih Connect. Tunggu beberapa ketika sampai proses instalasi driver printer selesai. Setelah komplit, sobat anda sanggup eksklusif print pada printer yang di sharing tersebut baik dari aplikasi Microsoft Word, excel, ataupun aplikasi lainnya.

 

Tips Sharing Printer di Windows

  • Bila versi windows yang dipakai berbeda, sanggup jadi koneksi dan instalasi driver printer akan gagal. Bila demikian, install dahulu driver printer pada komputer pengguna dengan memakai CD/DVD instalasi yang disertakan dalam paket printer.
  • Untuk sanggup memakai printer dengan baik, komputer penyedia (tempat printer terpasang) harus dalam keadaan menyala (ON).

0 Response to "Cara Sharing Printer Di Windows 7/8"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel