3 Cara Gampang Copy Rumus Dari Pdf/Internet Ke Ms Word

Menyalin rumus dari file PDF/internet - Saat menciptakan skripsi, akan tesis atau karya ilmiah lainnya sudah niscaya kita akan membutuhkan tumpuan yang bisa kita dapatkan melalui internet. Tidak jarang kita perlu memasukkan rumus penting ke dalam karya tulis kita untuk mendukung teori atau hipotesa penelitian yang kita ajukan. Secara normal, untuk memasukkan rumus dalam microsoft word kita bisa menggunakan Equation Editor menyerupai halnya cara menciptakan rumus akar kuadrat di microsoft word. Dengan akomodasi yang ada di Equation editor kita bahkan bisa menciptakan rumus yang kompleks sekalipun. Meskipun demikian tentu akan membutuhkan kemampuan dan waktu yang relatif lebih banyak. Oleh sebab itu perlu dipertimbangkan cara lain untuk bagaimana memasukkan rumus dalam dokumen anda.

Bila anda gaptek untuk menggunakan Equation Editor atau dalam keadaan mendesak maka anda bisa menyalin rumus dalam waktu singkat dengan cara gampang berikut :

Snapshot Adobe Reader untuk File PDF

Cara ini ialah cara yang umum dilakukan bagi anda pengguna para Acrobat Reader. Untuk copy-paste rumus lakukan langkah-langkah berikut :
  1. Buka file tumpuan (PDF) anda menggunakan acrobat reader.
  2. Kemudian pada sajian Edit pilih Take Snapshot
  3. Selanjutnya pilih area rumus yang akan disalin. Bila ada konfirmasi sudah di copy ke clipboard, klik tombol OK saja.
  4. Kemudian buka file karya tulis anda dengan microsoft word. Klik untuk meletakkan cursor text pada posisi dimana kita akan menyisipkan rumus
  5. Setelah itu klik tombol Paste atau tekan tombol keyboard CTRL+V .
  6. Rumus akan segera ditampilkan. Bila perlu, atur kembali posisi dan ukuran rumus

 

Screen Shot Microsoft Word

Bila anda pengguna Microsoft Word 2010/2013, anda sanggup dengan gampang dan cepat mengambil screen shot rumus yang anda butuhkan. Yang perlu anda lakukan adalah:
  1. Buka file karya tulis anda dengan microsoft word 2010/2013.
  2. Buka dahulu jurnal atau file PDF tumpuan anda dan tampilkan rumus yang akan di copy
  3. Tampilkan kembali karya tulis anda yang ada di aplikasi microsoft word (Harus berurut, buka dahulu PDF kemudian harus pribadi ke ms word lagi).
  4. Pilih tab ribbon Insert kemudian klik tombol ScreenShot kemudian pilih Screen Clipping .
  5. Selanjutnya pilih (dengan drag) area rumus yang berisi rumus yang anda butuhkan.
  6. Microsoft word akan pribadi menambahkan rumus yang anda pilih dalam dokumen anda.

 

Print Screen Layar

Cara ini sangat cocok dan compatible bagi anda yang tidak mempunyai akomodasi Snapshot Reader ataupun ScreenShot Word . Untuk melaksanakan Copy Rumus ke Word (powerpoint, excel, ataupun aplikasi lainnya) anda sanggup gunakan cara berikut :
  1. Buka file PDF tumpuan anda.
  2. Tampilkan pada layar rumus yang akan anda salin
  3. Selanjutnya cari dan tekan tombol keyboard Print Screen atau PrtScr . Biasanya posisi tombol tersebut berada di kepingan kanan atas keyboard.
  4. Kemudian buka dokumen anda kemudian tekan tombol Paste atau tekan tombol keyboard CTRL + V .
  5. Karena gambar yang disisipkan satu layar penuh, maka anda perlu membuang kepingan yang tidak perlu dengan akomodasi CROP .
  6. Klik gambar tersebut. Pada kepingan atas tab akan muncul tab Format , klik tab tersebut.
  7. Pada tab format klik tombol CROP
  8. Pada gambar akan muncul tanda garis siku dan garis lurus untuk area gambar. Atur sampai hanya rumus yang anda butuhkan saja yang tampil. Setelah sesuai, klik di luar area gambar.

Rumus di Internet

Lantas bagaimana dengan rumus yang ada di sumber lain yang ada di internet menyerupai google books ataupun situs jurnal online? Semua itu bisa anda ambil dengan cara kedua dan ketiga asalkan rumus tersebut bisa anda tampilkan pada layar. Sebagai contoh, lihat bagaimana cara mengambilnya dari google books via browser google chrome.


 

Tips Cara Praktis Copy Rumus dari PDF/Internet ke Ms Word

Dengan menggunakan equation editor rumus dalam dokumen sanggup diubah dengan mudah, tetapi untuk menuntaskan pembuatan rumus akan memerlukan waktu. Sebaliknya, dengan ketiga cara diatas proses penyalinan hanya akan membutuhkan waktu yang relatif singkat tetapi rumus susah untuk diubah. Meskipun demikian, bagi anda yang ingin semoga orang lain tidak gampang merubah rumus justru hal ini akan menjadi suatu laba tersendiri.

0 Response to "3 Cara Gampang Copy Rumus Dari Pdf/Internet Ke Ms Word"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel