Cara Merubah Abjad Besar/Kapital Ke Abjad Kecil Di Excel

Cara Mengganti Huruf Besar menjadi abjad kecil (pada awal kata) - Pada kesempatan yang kemudian aku telah memberitahukan bagaimana cara merubah abjad kecil ke besar (kapital), kali ini aku akan memberitahukan bagaimana melaksanakan sebaliknya, yakni merubah kata-kata atau kalimat yang ada dalam sel di excel menjadi memakai abjad kecil. Ada dua model atau tipe abjad kecil yang akan aku bahas, yakni abjad kecil semua (lower) dan abjad kecil dengan abjad kapital pada setiap awal kata (proper). Supaya lebih jelas, coba lihat gambar dibawah ini. Perhatikan perbedaannya pada abjad D dan K.

Membuat Tulisan Huruf Kecil Semua (lower)

Untuk menciptakan goresan pena kapital (huruf besar) menjadi abjad kecil semua di microsoft excel kita sanggup memakai fungsi LOWER(). Fungsi lower akan merubah semua abjad menjadi abjad kecil. Untuk lebih jelasnya lihat pola pemakaian berikut :
  1. Pertama-tama buka Aplikasi microsoft excel. Lalu buka file yang berisi teks dengan abjad kapital atau ketik dahulu. Anggap saja kita sudah mempunyai daftar nama mulai dari sel A2 hingga A8.
  2. Selanjutnya pada sel B2 kita ketik =LOWER(A2) kemudian tekan tombol ENTER
  3. Fungsi LOWER()yang diketik pada sel B2akan merubah goresan pena ANDI SUKMARAyang ada pada sel A2 menjadi andi sukamara.
  4. Selanjutnya salin/copy rumus tersebut untuk semua sel yang ada di bawahnya.

Huruf kecil dengan abjad besar/kapital di setiap awal kata (Proper)

Microsoft Excel juga mempunyai fungsi PROPER() yang mempunyai kegunaan merubah abjad menjadi abjad kecil dan setiap awal kata akan diubah menjadi kapital. Pada pola diatas, nama orang akan diubah menjadi abjad kecil semua, padahal secara hukum dan kebiasaan bahwa nama orang selalu diawali dengan abjad besar/kapital. Untuk mendapat teks dengan abjad besar dalam setiap awal kata maka kita harus memakai fungsi PROPER()seperti pola berikut :
  1. Pilih sel untuk daerah mengetik rumus, misalkan di sel C2.
  2. Selanjutnya ketik =PROPER(A2) kemudian tekan ENTER.
  3. Selanjutnya sama ibarat pada pola sebelumnya, copy paste saja rumus tersebut ke sel yang ada dibawahnya hingga semua nama diubah menjadi bentuk dengan abjad kapital pada awal kata.

 

Tips Merubah Huruf Kapital ke Huruf Kecil di Excel

  • Bila anda perlu merubahnya lagi dari abjad kecil menjadi abjad besar maka gunakan saja fungsi UPPER()
  • Yang sanggup diubah ialah abjad a-z, untuk bilangan, tanda baca dan lain-lain tidak akan terpengaruh oleh fungsi LOWER(), PROPER() ataupun UPPER().
  • Bila anda perlu mengambil nilainya saja, maka anda sanggup memakai kemudahan COPY+PASTE VALUES.

0 Response to "Cara Merubah Abjad Besar/Kapital Ke Abjad Kecil Di Excel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel