Cara Menciptakan Contoh/Sample Data Angka Di Microsoft Excel

Saat kita menciptakan makalah matematika atau statistika kita sering menunjukkan atau memakai teladan atau sampel data untuk menjelaskan konsep atau teori yang sedang dibahas. Untuk menciptakan sample data berupa bilangan acak di Microsoft Excel kita sanggup memanfaatkan fungsi RAND() dan RANDBETWEEN(). Fungsi RAND() akan menunjukkan nilai random/acak berupa belahan antara 0 dan 1. Sedangkan RANDBETWEEN( bottom , top ) menunjukkan nilai acak yang terletak antara selang (range) mulai dari bottom sampai top . Berbeda dari fungsi RAND() yang menghasilkan bilangan belahan (riil), fungsi RANDBETWEEN() justru akan menghasilkan bilangan lingkaran (integer). Untuk lebih jelasnya akan dibahas satu persatu cara memakai fungsi RAND() dan RANDBETWEEN() di microsoft excel.

Fungsi RAND()

Fungsi RAND() di jalankan tanpa parameter, rumus excel yang sanggup dipakai =RAND() .

Saat kita menciptakan makalah matematika atau statistika kita sering menunjukkan atau menggunak Cara Membuat Contoh/Sample Data Angka di Microsoft Excel

Bila anda ingin menghasilkan sebuah bilangan antara 20 sampai 100 dan bilangan tersebut sanggup berupa belahan maka rumus tersebut harus dimodifikasi menjadi =20+RAND()*80 .
Kenapa harus dikali 80? Karena nilai 80 merupakan selang antara 20 sampai 100 atau jika dihitung = 100 – 20 = 80.

Fungsi RANDBETWEEN()

Fungsi RANDBETWEEN( bottom, top) di jalankan dengan dua buah parameter, bottom yaitu nilai batas bawah, dan top yang merupakan nilai batas atas dari bilangan acak yang diinginkan. Nila yang dihasilkan oleh fungsi RANDBETWEEN() yaitu bilangan lingkaran (integer).
Sebagai contoh, jika kita ingin menghasilkan bilangan random (acak) antara 20 sampai 100 menyerupai pada teladan sebelumnya maka rumus excel yang kita tulis :
=RANDBETWEEN( 20, 100)

Saat kita menciptakan makalah matematika atau statistika kita sering menunjukkan atau menggunak Cara Membuat Contoh/Sample Data Angka di Microsoft Excel


 

Tips Cara Membuat Contoh/Sample Data Angka di Microsoft Excel

Pada kedua teladan diatas rumus =20+RAND()*80 dan =RANDBETWEEN( 20, 100) sama-sama akan menghasilkan bilangan random antara 20 sampai 100. Perbedaannya, dengan memakai fungsi RAND() akan menghasilkan bilangan riil (dengan angka belahan atau desimal / dibelakang koma) sedangkan dengan RANDBETWEEN() hanya akan menghasilkan bilangan lingkaran (integer).

0 Response to "Cara Menciptakan Contoh/Sample Data Angka Di Microsoft Excel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel