Cara Membedakan Dua Kata Yang Mirip/Sama Di Ms Excel

Kita sering memakai fungsi IF() di microsoft excel untuk menentukan sebuah nilai menurut kondisi yang ada pada sel referensi. Kondisi tersebut tidak jarang merupakan pembandingan dua buah kata atau teks. Secara default microsoft excel akan membandingkan dua buah kata tanpa membedakan karakter kecil dan besar (kapital). Microsoft excel akan menganggap kata “satu” sama dengan kata “SATU”, “SAtu", “SatU”, SaTu”, dan seterusnya. Hal ini sanggup kita lihat pada tumpuan penggunaan fungsi IF() berikut :
=IF(“satu”=”saTU”, “SAMA”, “BERBEDA”)
Fungsi IF() di atas akan menghasilkan nilai SAMA menyerupai yang terlihat pada tampilan microsoft excel berikut :


 di microsoft excel untuk menentukan sebuah nilai menurut kondisi yang ada pada sel refer Cara Membedakan Dua Kata Yang Mirip/Sama di Ms Excel


Akan tetapi bagaimana jikalau karakter yang dgunakan sama tapi tak serupa? :D sebagai tumpuan misalkan ada orang yang berjulukan “Mia” dan ada istilah yang sering gunakan “MIA”, yang merupakan kependekan dari Missing In Action (hilang ketika bertugas). Tentu Mia tidak ingin dianggap menjadi MIA. Nah, untuk membedakan kedua kata tersebut kita sanggup memakai fungsi EXACT(). Fungsi EXACT() akan membandingkan dua buah kata atau teks dimana setiap karakter harus benar-benar sama, baik kapital maupun bukan. Dengan kata lain, karakter “M” akan dianggap berbeda dengan karakter “m”. Makara kata Mia akan berbeda dengan MIA. Mia hanya akan sama jikalau kata yang dibandingkan ditulis Mia juga.

Berikut ini merupakan penggunaan fungsi EXACT() pada rumus yang terdapat pada tumpuan sebelumnya :
=IF(EXACT(A1,B1),"SAMA","BERBEDA")


 di microsoft excel untuk menentukan sebuah nilai menurut kondisi yang ada pada sel refer Cara Membedakan Dua Kata Yang Mirip/Sama di Ms Excel

Pada tumpuan di atas hanya satu kondisi yang sama, yakni Mia sama dengan Mia (baris ketiga).

 

Tips Cara Membedakan Dua Kata Yang Mirip/Sama di Microsoft Excel

Bila ada anda telah memakai fungsi EXACT() tetapi jadinya masih bernilai FALSE padahal anda sudah yakin kedua kata tersebut sama-sama (Misalkan Mia pada tumpuan di atas), maka pastikan tidak ada spasi pada kata tersebut baik sebelum maupun sehabis kata yang dibandingkan alasannya yakni "Mia" akan dianggap berbeda dengan "Mia " (ada spasi di tamat kata). Untuk menghilangkan spasi anda sanggup memakai fungsi TRIM().

0 Response to "Cara Membedakan Dua Kata Yang Mirip/Sama Di Ms Excel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel