11 Cara Menghemat Bandwith Internet

Sekarang ini kecepatan internet meningkat secara drastis. Dengan tersedianya susukan internet super cepat bermacam-macam hal pun dapat dikerjakan dengan gampang dan cepat serta tentu saja menghabiskan volume kuota data dalam singkat. Menghemat bandwidth penting bagi pengguna internet yang hanya mempunyai kuota data terbatasataupun bagi mereka yang menginginkan susukan info yang cepat dengan memakai internet yang "lola" abis. Berikut ini tips dan cara menghemat bandwith internet untuk memaksimalkan penggunaan kuota gratis (yang kecil) sekaligus untuk meningkatkan kecepatan susukan internet :
 

1. Pastikan komputer bebas virus/malware

Malware atau badware merupakan aplikasi “jahat” yang mengintai (spy) komputer anda. Mereka akan mencoba untuk mengirim data ke “markas” mereka selagi anda sedang online. Hal ini tentu saja akan memakan bandwith dan kuota internet anda tanpa anda sadari. Oleh sebab itu bersihkan dari virus dan agenda jahat lainnya dengan memakai antivirus secara berkala.
 

2. Matikan fitur Auto-aupdate

Saat anda sedang online biasanya ada banyak aplikasi yang ikut-ikutan online otomatis. Mereka ini biasanya mengecek apakah ada file update-an versi terbaru atau tidak, download plungins/file pendukung, dan lain sebagainya. Seperti virus atau malware, mereka juga akan menyedot bandwith dan kuota internet anda. Kaprikornus sebaiknya anda matikan juga automatic update (pembaharuan otomatis) dari aplikasi-aplikasi yang ada di komputer anda termasuk juga untuk windows update.
 

3. Ganti User Agent Browser menjadi Mobile

Saat anda mengakses sebuah situs/protal di internet, biasanya Website akan bertanya pada “user agent” web browser anda dan akan meminta data serta mengecek mengenai browser yang anda gunakan. Untuk menghemat data ganti user agent anda menjadi versi mobile ibarat pada smartphone atau iphone. Dengan memakai metode ini maka banyak data dan iklan yang tidak perlu akan “dipangkas” dari data yang dikirim ke browser anda. Ini akan menghemat bandwith dan kuota internet anda.
Untuk mengganti user agent pada browser, install saja add-on atau ekstensi User Agent pada Mozilla Firefox atau google chrome milik anda.
 

4. Menonaktifkan Tampilan Gambar

Matikan tampilan gambar di web browser anda. Gambar memang memperindah website akan tetapi jikalau website yang anda kunjungi menampilkan berbagai gambar yang tidak anda butuhkan (kebanyakan hanya untuk iklan) maka otomatis akan menghabiskan bandwidth dan memperlama waktu yang diharapkan untul load gambar. Beda lagi kalo situs yang anda buka ibarat facebook. Biarkan saja fitur gambar diaktifkan. Agar mudah, gunakan Add-ons yang ada di mozilla firefox atau ekstensi google chrome yang ditujukan untuk mengatur penampillan gambar.
 

5. Matikan Iklan

Hilangkan tampilan iklan. Hampir semua website yang kita kunjungi niscaya memakai iklan. Kalau anda memang bandwidth anda sudah sangat kritis lemot/lola abis maka sebaiknya matikan saja iklan. Seperti mematikan gambar. Gunakan saja add-ons firefox atau eksetensi google chrome yang memang ditujukan untuk menghilangkan / mencegah iklan tampil di web browser. Bila perlu, blok saja susukan ke situs iklan tertentu yang memang sudah anda ketahui hanya untuk iklan yang tidak berguna.
 

6. Matikan Load Sound

Jarang website yang tiba-tiba menampilkan load sound (music/suara) otomatis. Meskipun dekimian, matikan saja fungsi load sound ini. Caranya sama dengan dua cara di atas: gunakan add-ons atau ekstensi.
 

7. Gunakan Satu Browser Saja

Saat anda memakai browser biasanya mereka akan menyimpan sebagai “cache” dari website yang telah anda kunjungi. Kaprikornus bila anda berkunjung kembali ke website tersebut (berpindah-pindah tapi masih dalam website yang sama) maka browser mengecek apakah file yang ada masih up-to-date atau tidak. Jika masih “kepakai” maka mereka akan memakai file terebut dan tidak download dari internet. Dengan demikian proses browsing akan menjadi lebih cepat. Bila anda memakai browser yang berbeda maka masing-masing browser akan menyimpan cache nya masing-masing.
 

8. Gunakan Program Kompresi Internet

Gunakan tool kompresi online di internet. Saat anda mengakses sebuah situs anda maka browser akan mengambil dari data yang sudah dikompresi(dikecilkan) sehingga tentu saja akan menghemat bandwidth. Silahkan saja dilihat di http://www.toonel.net/
 

9. Gunakan Webmail dengan AJAX

Gunakan webmail yang mendukung penggunaan AJAX. Memang dikala awal membuka akan terasa sedikit lambat, tapi sesudah webmail dibuka maka kegiatan anda selanjutnya akan lebih ekonomis bandwith dan kuota internet.
 

10. Gunakan Proxy

Saat anda memakai server proxy biasanya akan tersedia cache pada server tersebut. Kaprikornus jikalau ada rekan kerja anda yang telah mengakses sebuah situs maka cache tersebut dapat dipergunakan oleh rekan-rekan lain termasuk anda dan tidak perlu download dahulu dari internet.
 

11. Download Manual Master atau file Update-tan

Download secara manual file-file aplikasi yang ditujukan untuk pembaharuan ataupun master instalasi program. Kaprikornus jikalau anda atau teman/rekan kerja membutuhkan lagi tinggal digunakan pribadi dan tidak perlu download ulang.
 

Tips Cara Menghemat Bandwith Internet

Add-ons atau ekstensi memang banyak gunanya dalam menghemat bandwith tetapi jangan lupa ada add-ons/ekstensi yang justru menghabiskan bandwith. Oleh sebab itu gunakanlah add-ons / ekstensi dengan selektif dan mendukung penghematan bandwith.

0 Response to "11 Cara Menghemat Bandwith Internet"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel