Cara Seleksi File Dengan Checkbox Di Windows Explorer

Trik menentukan file di windows explorer - Manajemen file di windows biasa dilakukan dengan memakai Windows Explorer. Biasanya kita menentukan satu atau beberapa file terlebih dahulu sebelum melaksanakan copy, paste, memindahkan (move), atau menghapus(delete) file. Tujuan Dengan menseleksi beberapa file atau folder sekaligus bertujuan untuk mempermudah proses yang akan kita laksanakan. Cara menseleksi file tersebut juga ada bermacam-macam, mulai dari penggunaan mouse, keyboard atau juga dengan memakai checkbox khusus. Berikut ini cara-cara seleksi file di Windows Explorer.

1. Seleksi File dengan memakai cursor mouse

Cara ini ialah paling gampang dan sering dilakukan. Klik pada area kosong kemudian tarik menuju file-file yang akan disorot. File dan folder yang masuk pada kotak blok otomatis akan disorot.

2. Memilih File/Folder dengan santunan keyboard

Cara lain untuk menseleksi file atau folder ialah dengan santunan tombol Keyboard SHIFT dan CTRL. Caranya pilih sebuah item kemudian sambil menekan tombol SHIFT kemudian klik item (file/folder) terakhir. Misalkan klik folder Boot kemudian sambil menekan tombol SHIFT kita klik folder debug. Maka semua folder mulai dari Boot sampai debug akan pribadi disorot (select). Bila tombol SHIFT akan menentukan item yang berurutan maka dengan tombol CTRL kita bisa menentukan item yang random (acak). Sebagai contoh, misalkan kita tambahkan lagi folder addins dan en-Us pada hasil seleksi dengan SHIFT sebelumnya. Caranya : sambil menekan tombol CTRL klik lagi folder addins dan en-US.

3. Memilih File/Folder dengan Menggunakan CheckBox

Untuk membantu seleksi file selain dengan mouse dan santunan tombol CTRL dan SHIFT menyerupai cara diatas ada juga cara lainnya yaitu memanfaatkan kemudahan checkbox windows explorer. Sebenarnya windows explorer mempunyai kemampuan untuk melaksanakan seleksi dengan checkbox, menyerupai yang biasa kita lakukan di email. Kaprikornus kita tidak perlu menekan tombol CTRL atau SHIFT berkali-kali setiap kita akan menentukan file. Kita cukup klik saja pada checkbox tersebut.
  1. Pertama-tama kita harus Mengaktifkan kemudahan checkbox Windows Explorer menyerupai langkah berikut :
    • Klik sajian Tools kemudian pilih Folder Options, atqau gunakan shortcut ALT+T, O
    • Selanjutnya pada dialog Folder Options pilih tab View kemudian berikan check (centang) pada item Use check boxes to select items kemudian klik OK
  2. Kini anda bisa menentukan file dengan cukup hanya klik checkbox dari setiap item folder/file.

 

Tips Seleksi File dengan Checkbox di Windows Explorer

  • Ketika sedang menentukan file jangan sekali-kali mengklik area kosong yang ada di antara file. Hal ini akan menyebabkan seleksi file yang anda lakukan dianggap dibatalkan, hal yang sama terjadi menyerupai ketika kita memakai tanpa check box.
  • Untuk menentukan semua file anda bisa gunakan CTRL+A atau memperlihatkan centang (check) pada kotak check paling atas yang ada di sebelah kolom Nama File./Folder.

0 Response to "Cara Seleksi File Dengan Checkbox Di Windows Explorer"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel