Cara Mengetahui Masakan Mengandung Formalin/Boraks

Tidak jarang pengawetan kuliner memakai formalin atau Boraks. Hal ini tentu akan berbahaya bagi orang yang menkonsumsi kuliner tersebut. Boraks atau pijer alias bleng alias bibit gendar atau air kie, sering disalah gunakan sebagai pengawer kuliner ibarat mie, baso, tahu, lontong, empek-empek, kerupuk atau ketupat dan lontong. Walah.. kebanyakan yaitu kuliner para mahasiswa/I yang sedang kos. :D

]
Tidak jarang pengawetan kuliner memakai formalin atau Boraks Cara Mengetahui Makanan Mengandung Formalin/Boraks

Orang yang menkonsumsi kuliner yang mengandung boraks tidak akan pribadi mencicipi akibatnya. Racun atau toksin boraks akan diserap dalam badan dan akan disimpan secara kumulatif (bertambah) pada ginjal, hati, jaringan lemak dan bahkan pada otak.
Lantas bagaimana biar kita dapat terhindar dari memakan atau menkonsumsi kuliner (kue, masakan) yang mengandung boraks? Bila ingin deteksi boraks secara detail baik kualitas maupun kuantitas yang terkandung dalam kuliner mau tidak mau kita harus mengujinya di laboratorium kimia. Meskipun demikian, secara mudah kita dapat mengenali atau mengetahui ciri kuliner yang mengandung boraks ibarat berikut :

  1. Baso . Ciri-ciri Baso yang mengandung formalin/boraks yaitu terasa sangat kenyal. Warna baso tidak kecoklatan ibarat daging akan tetapi warna akan cenderung keputihan.
  2. Mie basah . Tekstur mie berair yang mengandung formalin atau borak akan sangat kenyal. Ciri-ciri lainnya yaitu mengkilat, tidak lengket dan tidak cepat putus.
  3. Lontong/Ketupat . Ciri-ciri lontong atau ketupat yang mengandung boraks juga akan sangat kenyal. Selain itu biasanya mempunyai rasa tajam dan ada rasa getir.
  4. Kerupuk . Kerupuk, gendar, atau kuliner homogen lainnya, yang mengandung boraks akan mempunyai rasa sangat renyah dan ada rasa getir.



 

Tips Cara Mengetahui Makanan Mengandung Formalin/Boraks

Jagalah kesehatan anak, istri/suami anda. Waspadalah pada kuliner yang berpotensi mengandung boraks. Teliti sebelum membeli makanan.

0 Response to "Cara Mengetahui Masakan Mengandung Formalin/Boraks"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel