Cara Menjaga Password Akun Email Biar Tidak Dicuri

Mencegah password email di jebol-Password email kita baik Yahoo, gmail ataupun yang lainnya sangat rentan untuk dicuri oleh orang lain. Pencurian password email, rincian rekening, nomor kartu kredit atau informasi eksklusif / penting lainnya sering disebut dengan istilah Phising atau Web Forgery alias web palsu . Untuk menghindari aneka macam korban yang berjatuhan, biasanya jikalau anda memakai yahoo, google, penyedia jasa blog/website, atau bahkan web browser anda akan memberitahu jikalau ada situs-situs yang dicurigai tidak aman. Contohnya mirip tampak pada gambar dibawah ini. Untuk menjaga supaya password (sandi) dan alamat email kondusif dari tangan-tangan jahil ada beberapa hal yang harus dilakukan :

1. Hati-hati dengan email yang mencurigakan

Serangan phising terbesar umumnya berasal dari email. Oleh sebab itu anda harus hati-hati dengan email yang masuk. Yahoo, google dan penyedia web mail yang lainnya biasanya telah mengidentifikasi email-email yang mencurigakan dan diletakkan pada folder SPAM. Meskipun demikian biasanya ada beberapa diantaranya bukan merupakan email spam. Sebaliknya, ada beberapa email spam juga yang dapat saja masuk pada kotak inbox. Oleh sebab itu jikalau ada email yang mengatakan hadiah, mengatakan barang dengan harga murah jauh dibawah harga pasar, jodoh atau gambar menarik sebaiknya jangan terlalu cepat percaya.

2. Hati-hati dengan link yang tidak jelas

Ada banyak penyedia jasa yang memperpendek url atau alamat di internet seperty adf.ly, bit.ly, goo.gl dan lain sebagainya. Bila anda menunjuk pada short url tersebut maka selanjutnya anda akan dibawa (redirect) menuju pada alamat website yang lain dan dapat jadi merupakan alamat ke situs penipuan (webforgery/phising). Kaprikornus anda tetap harus berhati=-hati.

3. Hati-hati Mengisikan Data penting termasuk password

Bila anda melewati point 1 dan point 2 di atas, langkah selanjutnya ialah berhati-hari mengisikan data penting. Bila ada website yang meminta data anda baik itu password, email, rekening atau data eksklusif lainnya perhatikan dahulu alamat website tersebut. Sebagai contoh,lihat gambar dibawah ini. Sekilas tampilan website tersebut sangat mirip dengan yahoo mail. Tapi jikalau andaperhatikan lagi, lihat alamat website tersebut bukan di yahoo.com.

4. Ganti Password Email

Bila anda sudah melewati poin 1, 2 dan 3 maka sebentar lagi akun email anda akan jebol. Hal terbaik yang harus dilakukan ialah secepatnya mengganti password email anda terlebih dahulu sebelum akun email anda dijebol oleh orang yang mempunyai website phising tersebut.

5. Gunakan 2 langkah verifikasi

Saat menciptakan email,biasanya kita diminta mengisikan nomor telepon. Jangan menganggap enteng hal ini sebab nomor telepon tersebut dapat kita gunakan sebagai verikasi untuk membuka email. Jadi, meskipun kita mengatakan password dan alamat email pada para penipu, akan tetapi para penipu tersebut tetap tidak dapat masuk email kita sebab mereka butuh aba-aba verifikasi yang dikirim ke telepon kita. Meskipun demikian, tetaplah mengganti password email secara rutin.
 

Tips Menjaga Password Akun Email Agar Tidak Dicuri

  1. Untuk memperketat keamanan akun email sebaiknya gunakan 2 langkah verifikasi bilay memang tersedia akomodasi tersebut.
  2. Bila anda menemukan web forgery atau website phising sebaiknya laporkan website tersebut pada penyedia jasa blog/website supaya segera ditutup sehingga tidak merugikan orang lain.

0 Response to "Cara Menjaga Password Akun Email Biar Tidak Dicuri"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel