Cara Menciptakan Garis Pada Diagram Batang Di Excel

Menggabungkan line chart dan bar/column chart - Diagram batang (column chart) di microsoft excel sering dipakai untuk menggambarkan aneka macam hal, menyerupai penjualan, tingkat pertumbuhan dan jumlah penduduk. Agar terlihat lebih terperinci tingkat kenaikan dan penurunan pada diagram batang biasanya ditambahkan garis di atas batang yang menghubungkan antara satu batang dengan batang yang lain. Untuk menciptakan garis tersebut kita biasanya memanfaatkan shape garis (line) kemudian kita gambar secara manual yang menghubungkan antara satu batang (bar) dengan batang yang lain. Cara ini tidak salah. Akan tetapi bila posisi atau ukuran grafik / chart di ubah, biasanya garis yang kita buat tadi juga akan berubah alias amburadul sehingga kita harus mengatur ulang posisi shape garis-garis tersebut. Untuk itu saya mempunyai trik yang dapat dipakai semoga garis penghubung antar kafe yang satu dengan yang lain tidak akan amburadul seandainya kita merubah ukluran atau posisi chart. Cara menciptakan garis penghubung pada diagram batang yang biasa saya lakukan ialah sebagai berikut :
  1. Pertama-tama buat duplikasi nilai, misalkan serie untuk duplikasi kita berikan nama garis.
  2. Langkah selanjutnya ialah buat grafik batang (column chart) dengan cara :
    Blok area data grafik kemudian klik tab ribbon Insert kemudian klik tombol Column terus pilih salah satu bentuk 2-D column.
  3. Setelah itu klik kanan pada elemen bar/batang dengan nama series “garis”, misalkan batang dengan warna merah, kemudian pilih Format Data Series
  4. Buat kafe tersebut di plot pada sumbu sekunder (secondary axis) dengan cara pada tab Series Options pilih Secondary Axis.
  5. Langkah selanjutnya ialah mengganti chart column tersebut menjadi line chart dengan cara klik salah satu column chart kemudian pada tab ribbon Design klik tombol Change Chart Type.
  6. Pada obrolan yang muncul pilih Line Chart (grafik garis), misalkan grafik garis dengan mark (penanda).
  7. Setelah baris jadi kemudian hilangkan axis, legend, atau apapun yang anda perlu dibuang. Atur sebaik dan sekehendak anda. Sebagai pola lihat juga pola grafik pada gambar pertama artikel ini

 

Tips Membuat Garis Pada Diagram Batang di Excel

Pembuatan garis penghubung antar batang pada diagram column di atas hanya dapat untuk satu jenis series saja. Jika anda perlu untuk dua atau lebih series maka sisanya harus anda lakukan lagi secara manual.

1 Response to "Cara Menciptakan Garis Pada Diagram Batang Di Excel"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel