Cara Mengatasi Chikungunya

Obat chikungunya – Chikungunya yaitu penyakit yang disebabkan oleh alphavirus dari keluarga togaviradae. Virus tersebut ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes albopictus, aedes-aegypti dan Culex fatigan. Istilah chikungunya sendiri berasal dari bahasa shawilli (afrika) yang artinya terseok-seok. Kasus ini pertama kali ditemukan di Tanzania, afrika timur, pada tahun 1952. Di Indonesia pertama kali ditemukan di Samarinda tahun 1973 dan mejadi wabah pada tahun 1980-an. Masa inkubasi penyakit ini 2-5 hari serta pada beberapa perkara terjadi tanda-tanda klinis berupa nyeri sendi dan pegal sanggup hingga satu bulan.

Gejala Chikungunya

Penyakit chikungunya berlangsung selama tiga hingga tujuh hari ditandai dengan tanda-tanda :
  • Demam Tinggi , diatas suhu normal hingga kisaran 40o celcius
  • Persendian dan otot nyeri , terutama pada tangan dan kaki serta tidak sanggup berjalan seakan-akan lumpuh sekitar dua hari
  • Kulit kemerahan di sekujur tubuh
  • Sakit kepala , pusing, kadang kala disertai mual dan muntah
Meskipun penyakit chikungunya dan demam berdarah disebabkan oleh nyamuk, akan tetapi ada perbedaan antara kedua penyakit tersebut. Pada penyakit chikungunya tidak ada pendarahan yang hebat, tidak terjadi shock (renjatan), dan chikungunya tidak menyebabkan kematian kecuali jika ada komplikasi dengan ketabrak kereta api. Meskipun chikungunya sanggup sembuh dengan sendirinya (self limitting disease) akan tetapi bagi penderita dengan daya tahan tubuh yang lemah sanggup mengalami sakit berkelanjutan.

Pengobatan/Pertolongan Chikungunya

Chikungunya belum mempunyai obat atau vaksin yang khusus untuk menyembuhkan penderita dari penyakit tersebut. Cara menawarkan obat / mengobati penyakit chikungunya yang sanggup anda lakukan sebagai pinjaman pertama bagi penderita penyakit tersebut yaitu dengan :
  • Memberikan penderita minum yang banyak dan makanan yang bergizi. Hal ini penting untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh penderita
  • Kompres dengan air es . Karena chikungunya menyebabkan demam dan panas tinggi maka anda perlu menurunkan suhu tubuh penderita dengan kompres menggunakan air.
  • Memberi obat penurun panas dan obat nyeri . Agar suhu panas tubuh penderita menurun anda juga perlu menawarkan obat penurun panas dan obat nyeri. Obat yang sanggup dipakai diantaranya yaitu parasetamol.
  • Bawa penderita ke pelayanan kesehatan terdekat (dokter, puskesmas, rumah sakit, balai pengobatan)

Cara Mencegah Chikungunya

Karena chikungunya disebabkan oleh nyamuk maka cara pencegahannya sama dengan cara pencegahan untuk Demam Berdarah Dengue (DBD), yaitu dengan Pemberantasan sarang nyamuk (PSN) dengan 3 M (Menguras, Menutup, Mengubur)
  • Menguras , kuras penampungan / kolam / drup air setiap satu ahad sekali, mengganti air minum burung, pot bunga, membersihkan air tergenang di genting, talang air, dan lain-lain.
  • Menutup , tutup tempat penampungan air, pangkal/buku pagar bambu yang terbuka, dan lain-lain
  • Mengubur , kuburkan kaleng bekas dan benda-benda lainnya yang tidak mempunyai kegunaan yang sanggup berpotensi menampung air hujan dan menjadi tempat berkembang biak nyamuk.
  • Abatesasi , beli bubuk abate di apotik dan taburkan bubuk abate ke dalam penampungan air yang sulit dikuras untuk membunuh jentik-jentik nyamuk yang dilakukan 2-3 bulan sekali. Takaran / takaran penggunaan abate yaitu untuk 100 liter air cukup dengan 10 gram atau satu sendokmakan peres (yang diratakan di atasnya).
  • Penyemprotan (fogging) , lakukan penyemprotan terutama pada daerah/area yang dicurigai tempat bersembunyi nyamuk. Penyemprotan hanya membunuh nyamuk pandai balig cukup akal saja.
  • Memelihara ikan kecil , tempatkan dan pelihara ikan-ikan kecil di kolam taman atau tempat penampungan air sebagai pemakan (predator) jentik-jentik nyamuk.

 

Tips Mengatasi dan mengobati Chikungunya

Chikungunya sanggup menyerang siapa saja, orang dewasa, remaja maupun belum dewasa balita. Oleh lantaran itu biasakanlah melaksanakan pemberantasan sarang nyamuk lantaran mencegah lebih baik daripada mengobati.

0 Response to "Cara Mengatasi Chikungunya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel