Cara Menciptakan Validasi Data Angka Di Excel 2010

Pengisian atau input angka nilai merupakan hal biasa tapi sanggup menjadi fatal bila kita salah mengisikannya lantaran semua proses dan hasil perhitungan akan sangat tergantung pada input angka yang diberikan. Istilah kerennya, GIGO. Garbage In Garbage Out, Gold In Gold Out. Maksudnya, bila input angka salah maka otomatis keluarannya pun akan salah, dan demikian juga sebaliknya. Oleh alasannya itu, perlu sebuah proses validasi data yang akan menentukan apakah angka yang kita input sudah benar atau belum. Sebagai teladan lihat gambar dibawah ini Nilai untuk cinta Tertulis B4 dan Desi yang nilainya 601 padahal nilai yang sah atau valid ialah nilai 0-100, sehingga tentu saja akan menciptakan hasil perhitungan menjadi kacau. Lihat jumlah nilai siswa hanya 276 dengan rata-rata 69. Kesalahan menyerupai ini secara sekilas tentu tidak terlalu parah, akan tetapi bagaimana bila yang dihitung ialah penjualan / pembelian barang yang harganya jutaan rupiah? Salah-salah sanggup anda yang dimarahi oleh atasan atau bahkan dipecat :) Nah untuk validasi input data angka pada teladan di atas cukup mudah. Kita sanggup memakai akomodasi excel untuk otomatis melaksanakan validasi. Cara melaksanakan validasi data nilai siswa pada teladan di atas sebagai berikut :
  1. Blok area daerah input angka / nilai siswa
  2. Lalu klik tab ribbon Data terus klik tombol Data Validation
  3. Pada obrolan Data Validation pilih tab Settings
  4. Ganti isi kotak Allow dengan Whole Number
  5. Pastikan isi kotak Data ialah Between
  6. Lalu berikan batas nilai minimum dan Maksimum untuk kondisi / syarat data yang valid. Karena nilai data siswa yang sah atau valid ialah mulai dari 0 sampai 100 maka isikan 0 pada kotak Minimum dan isikan 100 pada kotak Maximum .
  7. Untuk mempermudah pengecekan data, kita sanggup mengisikan juga Input Message bila terjadi kesalahan entry data (optional). Cara menciptakan pesan kesalahan input tersebut sebagai berikut :Buka tab Input Message Lalu isikan Kotak Title dan kotak Input Message , contohnya menyerupai teladan di bawah ini.
  8. Terakhir klik tombol OK . Selanjutnya bila anda mengisikan nilai siswa diluar 0-100 maka excel akan otomatis memperlihatkan pesan error. Jika anda menentukan Retry maka excel akan meminta anda mengedit ulang input angka mahasiswa, bila menentukan Cancel maka proses input / pengeditan nilai dibatalkan (nilai tidak jadi dirubah).
  9. Bila anda mengisikan Input Message maka dikala sel nilai siswa dipilih akan tampak pesan menyerupai yang anda isikan pada tab tersebut.

Cara Mengetahui Input Data Yang Masih Salah

Untuk mengetahui input data anda sudah benar atau belum anda sanggup melihatnya pribadi pada data nilai siswa. Jika anda capek untuk memeriksanya satu persatu, anda sanggup meminta microsoft excel untuk memperlihatkan data mana saja yang masih salah. Berikut ini cara mengetahui input nilai yang salah :
  1. Lalu klik tab ribbon Data terus
  2. Selanjutnya klik tombol dropdown Data Validation
  3. Lalu pilih Circle Invalid Data
  4. Semua data yang masih salah akan beri bulat warna merah
  5. Untuk menghilangkan kembali bulat merah yang ada pada data yang salah klik kembali tombol dropdown Data Validation kemudian pilih Clear Validation Circles

 

Tips Cara Membuat Validasi Data Angka di Excel 2010

Bila anda mengisikan data terlebih dahulu gres sehabis itu menciptakan Validasi data menyerupai di atas maka bila masih ada data yang salah harus anda betulkan sendiri (tidak otomatis).

0 Response to "Cara Menciptakan Validasi Data Angka Di Excel 2010"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel