Cara Mengubah Aksara Kecil/Besar Semua Di Ms Excel 2010

Penggunaan abjad besar (kapital) dan kecil semua sering dijumpai dikala menciptakan dokumen. Sangat disayangkan kalau ketikan yang telah begitu banyak tiba-tiba harus diganti lantaran harus memakai abjad kecil atau abjad besar semua. Hal ini disebabkan lantaran kemudahan pengeditan di excel tidak ibarat di microsoft word. Makara kalau ada kesalahan penggunaan abjad besar/kecil maka kita harus menghapus atau menggantinya dengan mengetik ulang memakai abjad besar(kapital) dan begitu juga sebaliknya. Sebenarnya kita sanggup mensiasati hal tersebut dengan sumbangan fungsi UPPER() dan LOWER() di microsoft excel. Fungsi UPPER() akan mengubah teks menjadi abjad besar/kapital, sedangkan fungsi LOWER() akan merubah teks menjadi abjad kecil semua. Untuk lebih jelasnya lihat pola berikut :
  1. Misalkan kita mempunyai teks yang ada pada kolom B.
  2. Untuk menghasilkan teks dengan abjad besar semua maka kita gunakan fungsi UPPER() pada kolom C. Rumus yang kita isi pada sel yaitu =UPPER(B2) kemudian tekan tombol ENTER , maksudnya yaitu kita akan menciptakan teks yang ada pada sel B2 dengan abjad besar semua.
  3. Selanjutnya copy paste rumus tersebut pada sel lain untuk melaksanakan proses yang sama. Caranya tarik ke bawah saja sudut kanan bawah dari sel C2 atau gunakan tombol CTRL+C (copy) dan CTRL+V (paste) ibarat yang biasa anda lakukan.
  4. Semua sel pada kolom C yang anda isikan rumus dengan fungsi UPPER() akan berisi teks yang sama dengan yang ada di kolom B hanya saja memakai abjad kapital /besar .
  5. Untuk menciptakan semua teks menjadi abjad kecil, ganti fungsi UPPER() di atas menjadi LOWER(). Setelah itu copy lagi rumus tersebut ke semua sel yang kita inginkan.

Mendapatkan Nilai dengan Huruf Besar/Kecil, bukan Rumus

Lantas muncul pertanyaan, dikala kita memakai rumus bagaimana kalau nilai tersebut muncul di kolom B sebagai nilai? Karena tentu saja rumus akan menjadi circular kalau anda memunculkan rumus tersebut di kolom B dan rujukan fungsi di kolom C atau D. Jawaban yang paling gampang yaitu memakai kemudahan Paste Values di Microsoft Excel. Cara mendapat nilai abjad besar/kecil di microsoft excel 2010 dengan Paste Values yaitu sebagai berikut:
  1. Blok sel yang ada abjad besarnya semua kemudian tekan CTRL+C atau klik tombol Copy.
  2. Selanjutnya letakkan kursor pada kolom B2 atau di awal dari sel daerah hasil copy / paste.
  3. Kemudian klik ribbon Home lalu klik tombol Dropdown Paste terus pilih Paste Values .
  4. Semua nilai akan menjadi abjad besar dan bukan lagi berupa rumus dengan fungsi UPPER() atau LOWER() .

 

Tips Merubah Huruf Kecil/Besar Semua di Ms Excel

Pada microsoft excel 2010 selain memanfaatkan pilihan paste values melalui ribbon, anda juga sanggup memakai klik kanan pada sel B2 kemudian pilih Paste Values

0 Response to "Cara Mengubah Aksara Kecil/Besar Semua Di Ms Excel 2010"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel