Cara Menciptakan Penomoran Otomatis Di Word

Membuat nomor urut otomatis di Word - Pembuatan nomor secara otomatis sangat mempunyai kegunaan untuk menghemat waktu pengetikan. Setidaknya dengan menciptakan nomor otomatis maka kita akan terbebas dari kesalahan update nomor, baik untuk nomor urut, nomor halaman, nomor baris, nomor tabel, nomor gambar, dan lain sebagainya. Berikut ini yakni 4 cara menciptakan nomor otomatis terbaik yang paling sering digunakan ketika mengedit dokumen dengan microsoft word :

1. Membuat Nomor Halaman Otomatis

Pembuatan nomor halaman yakni penggunaan nomor otomatis yang paling sering. Dengan memakai nomor halaman akan mempermudah kita mengurutkan halaman dan sekaligus meminimalisir kesalahan urutan halaman. Cara menciptakan nomor halaman otomatis yakni sebagai berikut :
  1. Klik tab insert kemudian pada grup Header & footer klik tombol Page Number
  2. Selanjutnya pada daftar sajian yang ada pilih lokasi kawasan nomor halaman akan disimpan, pilih Top of page untuk menciptakan nomor halaman di cuilan atas kertas, atau pilih Bottom of page untuk menyimpan nomor halaman di cuilan bawah kertas.
  3. Misalkan kita akan menciptakan nomor halaman di tengah-tengah pada cuilan bawah kertas maka pilih Bottom of page kemudian pilih Plain number 2 .
  4. Kalau anda ingin format penomoran berbeda untuk setiap halaman maka pisahkan saja halaman – halaman tersebut dalam beberapa section.

2. Membuat Nomor Urut Otomatis

Nomor urut otomatis atau Numbering sering digunakan untuk menciptakan daftar item yang disusun berurutan. Meskipun istilah yang digunakan yakni numbering atau penomoran, akan tetapi nomor yang dibentuk tidak sebatas hanya 1, 2, 3 dst, tetapi juga dapat menciptakan urutan dengan memakai abjad/alphabet a, b, c, dan seterusnya. Untuk menciptakan penomoran otomatis dengan numbering microsoft word lakukan langkah berikut :
  1. Ketik teks item anda selanjutnya blok atau sorot teks tersebut
  2. Lalu klik tombol drop down numbering
  3. Pada daftar nomor pilih jenis nomor yang anda inginkan, misalkan klik number alignment left untuk menciptakan penomoroan dengan bentuk angka / nomor di cuilan kiri

3. Membuat Nomor Urut Otomatis di Tabel

Nomor urut sering digunakan dalam tabel dan bahkan dijadikan sebuah kolom tersendiri. Untuk menciptakan nomor urut pada kolom tabel tersebut kita dapat memanfaatkan tombol numbering menyerupai cara menciptakan nomor urut otomatis di atas. Contoh selengkapnya cara menciptakan nomor urut otomatis di tabel yakni menyerupai ini :
  1. Blok sel tabel yang akan di beri nomor urut
  2. Lalu pada ribbon Home klik tombol drop down numbering
  3. Selanjutnya pilih jenis penomoran yang anda inginkan.

4. Cara Membuat Nomor Baris

Nomor baris sering digunakan oleh para programmer untuk mengetahui berapa jumlah baris instruksi yang dibentuk dan yang lebih penting lagi : melaksanakan trace / penelusuran kesalahan (Bug) program. Berikut cara pembuatan nomor baris otomatis tersebut :
  1. Klik ribbon Page layout kemudian klik tombol Line numbers
  2. Pada pilihan yang ada klik Continues
  3. Selanjutnya nomor baris akan disisipkan di sebelah kiri teks.

 

Tips Membuat Penomoran Otomatis di Word

  • Microsoft Word menyediakan penomoran otomatis yang secara default yakni berbasiskan penambahan satu nilai. Untuk menciptakan penomoran tersendiri (selang atau naik dua, tiga, empat, dst) anda dapat melakukannya melalui pengeditan field code yang dapat anda jalan masuk melalui quick parts
  • Anda juga dapat menciptakan penomoran otomatis untuk daftar isi dengan catatan bahwa untuk setiap judul sub cuilan yang anda pakai harus memakai heading style atau anda mengatur secara manual outline level sub bab/paragraf tersebut.

0 Response to "Cara Menciptakan Penomoran Otomatis Di Word"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel