Cara Mengatasi Problem Usb Flashdisk Tidak Dikenal(Not Recognized)

Saat mencolok USB Flashdisk pada komputer atau laptop biasanya akan muncul notifikasi ada perangkat gres yang terdeteksi oleh Windows. Akan tetapi lain halnya bila yang muncul justru ialah notifikasi bahwa USB tidak dikenal alias USB Not Recognized. Bila pesan tersebut yang muncul justru kita menjadi bertanya-tanya, kenapa hal tersebut sanggup terjadi? Kok USB flash disk kita tidak terdeteksi padahal pada sebelumnya kita gunakan flashdisk tersebut tidak ada masalah. Pikiran akan kehilangan data pun mulai muncul. Apalagi jikalau pada flashdisk tersebut berisi data kiprah kantor atau parahnya skripsi/tesis kita yang sudah hampir beres.. :( Jangan panik. Untuk mendapat kembali data dari flashdisk error tersebut ada beberapa cara atau langkah gampang untuk mengatasi duduk kasus flashdisk yang tidak dikenal alias tidak terbaca oleh windows, yang sanggup dilakukan sebelum kita mencobanya ke daerah orang profesional. Langkah-langkah tersebut sanggup anda lihat berikut ini:

1. Pastikan secara fisik Flashdisk masih bagus

Lihat dan amati secara fisik bahwa flashdisk yang anda gunakan masih bagus, konektor tidak ada yang bengkok atau apalagi patah. Bila flashdisk berair lantaran terendam/tersiram air jangan dicolok atau disambungkan dahulu ke komputer/laptop. Pastikan terlebih dahulu flashdisk telah benar-benar kering termasuk sampai ke penggalan dalam. Anda sanggup memakai tunjangan peniup angin/hair dryer untuk mengeringkan flashdisk.

2. Coba pada beberapa colokan komputer

Seperti halnya flashdisk, pastikan juga colokan di laptop/komputer secara fisik masih bagus. Jika flashdisk masih belum terdeteksi juga coba pada beberapa colokan USB lain yang tersedia di komputer/laptop. Kadang ada pin connecor yang sudah longgar sehingga kurang pas pada flashdisk. Atau mungkin, anda mencolokkannya pada USB hub yang kurang manis daya/voltase listriknya. Kalau demikian, cobalah eksklusif mencolokkan flashdisk pada connector yang tersedia di laptop/komputer.

3. Restart Komputer

Kemungkinan flashdisk tidak terdeteksi lantaran terjadi konflik secara software atau juga sanggup disebabkan lantaran ada muatan listrik (statis) yang ada di komputer. Coba matikan komputer/laptop terlebih dahulu kemudian cabut semua sambungan listrik dan batere untuk beberapa saat. Setelah itu pasang kembali batere dan sambungan kabel listrik lapotp/komputer, nyalakan, dan colokkan pada socket usb .

4. Atur device manager / update driver

Bila problem usb tidak terdeteksi masih berlanjut, teruskan dengan upaya mengatur device manager.
  1. Buka obrolan device manager dengan cara :
    • klik tombol Start lalu klik Control Panel. Selanjutnya klik Hardware and sound kemudian pilih Device Manager, atau
    • klik tombol start lalu ketik Device Manager, kemudian dari hasil pencarian pilih Device Manager
  2. Pada obrolan device manager biasanya akan ada item dengan tanda seru kuning. Klik item tersebut kemudian hapus dengan menekan tombol keyboard Delete. Lalu lakukan kembali klik tombol / sajian Scan for Hardware changes. Biarkan windows yang menemukan perangkat USB dan otomatis menginstall driver.
  3. Bila masih gagal, lakukan Update driver secara manual atau anda sanggup meminta windows untuk mencarinya secara otomatis. Caranya klik kanan kemudian pilih Update driver software kemudian ikuti petunjuk yang diberikan.

5. Uninstall driver

Bila usb flashdisk sanggup terdeteksi pada komputer lain sedangkan pada laptop/komputer kita tidak sanggup terdeteksi maka hal ini patut kita waspadai. Bila sebelumnya USB flashdisk tidak ada duduk kasus dan sanggup terdeteksi di komputer kita maka hal ini berarti kemungkinan adanya konflik driver. Mungkin anda telah melaksanakan instalasi software atau driver untuk perangkat tertentu. Anda sanggup mencoba uninstall driver dengan cara memakai system restore yang disediakan windows bila memungkinkan.
 

Tips Mengatasi Masalah USB Flashdisk Tidak dikenal (Not recognized)

  • Kata pepatah: Mencegah lebih baik daripada mengobati. Merawat flashdisk tentu lebih gampang daripada memperbaiki flashdisk. Kerusakan pada flashdisk sanggup juga disebabkan lantaran anda menyolokan flashdisk pada socket USB komputer yang mengandung muatan listrik berlebih (korslet)
  • Jika flashdisk tetap tidak sanggup terdeteksi, cobalah hubungi para tekhnisi profesional untuk menyelamatkan data anda. Tetapi bila data yang ada tidak terlalu penting dan masih tersedia backup yang lainnya pikirkanlah untuk mengganti USB flashdisk saja.

0 Response to "Cara Mengatasi Problem Usb Flashdisk Tidak Dikenal(Not Recognized)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel