Cara Berlatih Presentasi Dengan Powerpoint

Persiapan merupakan bab penting untuk mencapai kesuksesan presentasi. Dengan mempersiapkan segala sesuatu dengan sebaik-baiknya dan sematang mungkin maka akan semakin besar peluang presentasi kita untuk sukses dan diterima oleh audiens. Hal yang paling dasar dalam presentasi yaitu ketersediaan atau keterbatasan waktu. Bila waktu presentasi hanya disediakan 15-20 menit, tentu kita harus mengatur berapa menit atau berapa detik untuk setiap slide yang kita miliki. Waktu tayang setiap slide belum tentu sama dan pastinya sanggup berbeda antara yang satu dengan yang lain. Slide yang perlu menerima perhatian lebih dan klarifikasi lebih banyak biasanya memerlukan waktu tayang yang lebih banyak pula. Sedangkan slide yang kurang penting waktu tayangnya tentu lebih singkat. Fasilitas Rehearse timings yang disediakan dalam Microsoft Powerpoint bergotong-royong ditujukan untuk membantu kita untuk berlatih mempresentasikan materi yang kita miliki. Dengan memakai Rehearse Timings kebutuhan waktu tayang setiap slide akan terlihat jelas. Cara memakai Rehearse timings cukup mudah, sanggup anda praktekkan dengan langkah berikut .

  1. Klik ribbon Slide Show
  2. Kemudian klik tombol Rehearse Timings
  3. Persiapan merupakan bab penting untuk mencapai kesuksesan presentasi Cara Berlatih Presentasi dengan Powerpoint
  4. Tampilan akan bermetamorfosis penayangan slide. Lalu mulailah anda berbicara ibarat melaksanakan presentasi pada umumnya. Biarkan semua mengalir terus. Ucapkan dan gunakan kata-kata dengan terperinci dan tepat. Tidak terlalu cepat dan juga tidak terlalu lambat biar gampang dicerna oleh audiens
  5. Klik tombol mouse untuk menuju bahasan pada slide berikutnya. Lakukan hingga semua slide ditayangkan / hingga tamat slide.
  6. Perhatikan ada toolbox Rehearse yang ikut muncul ketika Slide Show. Pada toolbox tersebut anda sanggup melihat waktu tayang dan juga ada tombol navigasi untuk navigasi slide
  7. Persiapan merupakan bab penting untuk mencapai kesuksesan presentasi Cara Berlatih Presentasi dengan Powerpoint
  8. Setelah semua slide ditayangkan anda akan melihat waktu tayang dari setiap slide berbeda-beda, sesuai dengan "presentasi" yang sebelumnya anda lakukan.
  9. Persiapan merupakan bab penting untuk mencapai kesuksesan presentasi Cara Berlatih Presentasi dengan Powerpoint
  10. Jika total waktu yang anda gunakan terlalu banyak, maka pilih slide yang kurang penting kemudian kurangi waktu tayangnya. Caranya Klik tab Animations, kemudian ubah isi kotak Automatically After yang ada di bab kanan ribbon. Lakukan juga sebaliknya, jikalau waktu anda tersisa terlalu banyak maka tambahkan waktu untuk slide yang lebih penting yang membutuhkan bahasan atau uraian lebih banyak
  11. Persiapan merupakan bab penting untuk mencapai kesuksesan presentasi Cara Berlatih Presentasi dengan Powerpoint
  12. Ulangi kembali presentasi dengan Rehearse timings. atau dengan pribadi menekan tombol keyboard F5 atau klik tombol Slide show.
  13. Persiapkan presentasi hingga anda merasa telah cukup dengan apa yang akan anda sampaikan pada audiens nantinya.


 

Tips Cara Berlatih Presentasi dengan Powerpoint

  • Semakin sering anda berlatih memberikan presentasi maka anda akan semakin percaya diri dan rasa grogi pun akan sanggup dikurangi.
  • Semakin sering anda mengulangi penyampaian materi presentasi maka anda akan semakin hafal dan mantap dalam penggunaan kata-kata yang sempurna dan sama.
  • Coba latihan presentasi kepada teman-teman anda terlebih dahulu sebelum melaksanakan presentasi kepada para audiens atau penguji sesungguhnya.
  • Jika memungkinkan, lakukan "pemanasan" dengan mencoba melaksanakan presentasi di ruangan yang akan dipakai termasuk dengan alat tayang yang disediakan.

0 Response to "Cara Berlatih Presentasi Dengan Powerpoint"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel