Cara Memakai Fungsi And/Or Dalam Excel

Ada banyak sekali macam fungsi yang disediakan di microsoft Excel, dan salah satu yang paling sering dipakai ialah fungsi kebijaksanaan yang diantaranya ialah fungsi AND() dan OR(). Fungsi kebijaksanaan merupakan fungsi yang didasarkan pada nilai Boolean yakni FALSE dan bukan FALSE (sering disebut dengan TRUE). Konsepnya ialah nilai 0 akan dianggap FALSE, sedangkan nilai bukan 0 (bisa faktual atau negatif) akan dianggap sebagai NOT FALSE (TRUE). Fungsi AND() dan OR() sering dipakai untuk menggabungkan atau mengevaluasi suatu kondisi atau keadaan dari beberapa nilai boolean.

Cara memakai kedua fungsi kebijaksanaan tersebut:
AND( boolean1, boolean2, boolean3, …, booleann)
 

OR( boolean1, boolean2, boolean3, …, booleann)

Kedua fungsi tersebut mempunyai cara santunan parameter yang sama yakni boolean1, boolean2, boolean3, …, booleann. Perbedaannya ialah nilai yang akan dikembalikan atau diberikan oleh kedua fungsi tersebut. Fungsi AND() hanya akan memperlihatkan nilai TRUE bila dan hanya bila semua nilai boolean yang diinputkan bernilai TRUE sedangkan fungsi OR() hanya akan memperlihatkan nilai FALSE bila dan hanya bila semua nilai input ialah FALSE. Atau dengan kata lain fungsi AND() akan mengembalikan nilai FALSE bila ada salah satu nilai input FALSE , sedangkan fungsi OR() akan memperlihatkan nilai TRUE bila ada salah satu nilai input TRUE.

Ada banyak sekali macam fungsi yang disediakan di microsoft Excel Cara Menggunakan Fungsi AND/OR Dalam Excel

Lihat rujukan penggunaan fungsi AND() di atas. Fungsi tersebut akan memperlihatkan nilai false alasannya ialah ada hasil penilaian boolean yang bernilai false pada 3 < 1 sehingga penilaian untuk kondisi yang lain tidak perlu dilakukan lagi.

Ada banyak sekali macam fungsi yang disediakan di microsoft Excel Cara Menggunakan Fungsi AND/OR Dalam Excel


Pada rujukan penggunaan fungsi OR() di atas memperlihatkan nilai TRUE alasannya ialah ada input yang bernilai TRUE sehingga penilaian sampai final parameter input sudah tidak perlu dilakukan lagi.



 

Tips Cara Menggunakan Fungsi AND/OR Dalam Excel

Anda sanggup memakai fungsi AND() atau OR() atau adonan kedua fungsi tersebut dalam fungsi kebijaksanaan IF(). Misalnya =IF( AND( C4>0, OR( D4>0, E4*E5>0)),"BENAR", "SALAH").

0 Response to "Cara Memakai Fungsi And/Or Dalam Excel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel