Cara Gampang Memakai Microsoft Word

Microsoft Word merupakan perangkat lunak (software ) aplikasi yang mempunyai fungsi utama untuk pembuatan naskah atau dokumen yang berisi teks atau tulisan. Dengan antar muka (interface ) yang user friendly maka cara memakai microsoft word pun menjadi relatif lebih mudah. Umumnya anda bisa menciptakan atau memakai akomodasi yang ada dengan beberapa cara sehingga anda bisa menentukan untuk memakai cara yang berdasarkan anda lebih mudah. Semakin tinggi versi microsoft word yang digunakan, mempunyai akomodasi atau kemampuan yang jauh semakin lebih baik pula.

 

Menggunakan tombol ribbon toolbar

Ribbon di microsoft word terdiri atas beberapa tab yakni tab ribbon Home, Insert, Page Layout, References, Mailings, Review, View, Add-Ins dan Developer. Masing-masing tab ribbon tersebut terdiri atas sekumpulan grup tombol toolbar yang dikelompokkan berdasarkan fungsi atau kegunaan yang serupa. Misalkan tab ribbon Home berisi perintah yang umum dipakai di microsoft word, tab ribbon Insert terdiri atas icon-icon tombol yang berfungsi untuk menyisipkan gambar, objek, tabel, dsb. Untuk memakai ribbon toolbar microsoft word anda bisa menentukan / klik pribadi pada tombol yang ada sesuai dengan perintah yang anda inginkan. Misalkan untuk menciptakan goresan pena / karakter tebal, anda harus klik tab ribbon Home kemudian klik tombol dengan gambar icon karakter B.


Microsoft Word merupakan perangkat lunak  Cara Praktis Menggunakan Microsoft Word


 

Menggunakan klik kanan mouse

Perintah atau command yang ada di microsoft word selain ditampilkan pada ribbon juga bisa ditampilkan pada popup sajian yang dimunculkan dengan memanfaatkan klik kanan tombol mouse. Klik kanan tersebut akan menampilkan popup sajian dengan perintah yang berbeda tergantung pada kawasan / lokasi klik kanan dilakukan (perintah yang ditampilkan diadaptasi apakah untuk area teks, gambar, shape object, smart art, hyperlink, equation editor, dsb). Sebagai tumpuan lihat cara untuk menciptakan karakter tebal memakai klik kanan tombol mouse berikut ini: Sorot teks terlebih dahulu, kemudian klik kanan pada blok teks tersebut, kemudian pilih tombol dengan icon B

Microsoft Word merupakan perangkat lunak  Cara Praktis Menggunakan Microsoft Word


 

Menggunakan Keyboard shortcut

Keyboard shortcut atau shortcut key merupakan pementingan kombinasi tombol keyboard untuk melakukan fungsi atau perintah tertentu di microsoft word. Keyboard shortcut biasanya memanfaatkan tombol CTRL , ALT dan SHIFT . Misalkan untuk mengaktifkan atau menonaktifkan mode penulisan tebal di microsoft word kita bisa memakai keyboard shortcut CTRL+B .
Cara gampang mengetahui shortcut key pada perintah di microsoft word ialah anda mengarahkan kursor mouse pada tombol mini toolbar atau ribbon kemudian diamkan sesaat. Biasanya nanti akan muncul tool tips atau gosip mengenai tombol tersebut beserta shortcut key yang bisa anda gunakan.


Microsoft Word merupakan perangkat lunak  Cara Praktis Menggunakan Microsoft Word


 

Tips Cara Praktis Menggunakan Microsoft Word

Cara paling gampang memakai microsoft word ialah sesuai dengan selera dan kebiasaan anda. Bila berdasarkan anda lebih gampang memakai keyboard shortcut maka gunakanlah keyboard shortcut. Bila lebih gampang memakai klik kanan maka gunakanlah klik kanan, atau kalau lebih gampang lewat ribbon maka gunakanlah tombol yang ada di ribbon microsoft word. Meskipun demikian harus disadari bahwa tidak semua perintah di microsoft word mempunyai shortcut key. Juga, tidak semua perintah ribbon bisa diakses dengan klik kanan. Bahkan, tidak semua perintah microsoft word ditampilkan di ribbon! :D

0 Response to "Cara Gampang Memakai Microsoft Word"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel