Cara Mencari Kesalahan Hasil Perhitungan Di Ms Excel 2010 (Part 1)

Perhitungan matematika baik penjumlahan, pengurangan, perkalian, maupun pembagian angka dan bilangan merupakan hal yang paling sering dilakukan di micosoft excel. Tidak jarang formula yang kita masukkan tidak menghasilkan nilai yang sesuai, alias muncul goresan pena error. Padahal rumus yang kita gunakan sudah sesuai dengan hukum yang ada. Hal ini tentu menciptakan kita galau kenapa dapat terjadi error tersebut.
Untuk memperbaiki hal tersebut ada beberapa hal yang harus kita cek/uji, dan diantaranya ialah memastikan bahwa rumus dan semua komponen sel rujukan yang kita gunakan sudah benar. Alasannya ialah Anda tidak dapat menjumlahkan antara nilai angka dengan teks . Untuk lebih jelasnya lihat ilustrasi berikut:


 maupun pembagian angka dan bilangan merupakan hal yang paling sering dilakukan di micosof Cara Mencari Kesalahan Hasil Perhitungan di Ms Excel 2010 (Part 1)

Pada gambar di atas terlihat untuk mendapat jumlah barang ialah :
jumlah di toko A + Toko B + Gudang G + Toko D atau kalau di excel formulanya ditulis =A2+B2+C2+D2 .
Perhatikan bahwa hasil penjumlahan menghasilkan error #VALUE! Karena nilai pada sel C2 (gudang G) berisi teks "Kosong".

Untuk mengatasinya kita dapat menghapus keterangan “KOSONG ” tersebut atau dengan memakai fungsi SUM(), yang kalau ditulis dapat sebagai =SUM(A2, B2, C2, D2) atau =SUM(A2:D2) . Oleh alasannya itu, cari dan ganti semua rumus yang memakai cara “tradisional” dengan memakai bentuk fungsi. Meskipun rumus “tradisional” sudah benar, tetapi akan menjadi error kalau variabel yang digunakannya tidak sesuai.



 

Tips Cara Mencari Kesalahan Hasil Perhitungan di Microsoft Excel 2010

  • Untuk operasi matematika penjumlahan dan pengurangan anda dapat gunakan fungsi SUM(). Contoh untuk pengurangan A-B ditulis =SUM( A2, -B2)
  • Untuk operasi perkalian dan pembagian gunakan fungsi PRODUCT(). Contoh untuk perkalian A x B dengan rumus =PRODUCT( A, B) . untuk pembagian A / B memakai =PRODUCT( A, 1/B)

0 Response to "Cara Mencari Kesalahan Hasil Perhitungan Di Ms Excel 2010 (Part 1)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel