Cara Menciptakan Rumus(Formula) Di Ms Excel

Rumus merupakan hal paling dasar di Microsoft excel. Untuk mengetikan rumus atau formula sanggup dilakukan pada formula kafe ataupun pribadi ada sel yang dipilih. Kita sanggup memasukkan rumus matematika, fisika, dan lain sebagainya tetapi semua pengetikan rumus tersebut harus didahului dengan tanda “=” (sama dengan).
Sebagai teladan rumus sederhana penjumlahan dua buah bilangan dengan operator aritkmatika plus (tambah) sanggup dilihat sebagai berikut :

Rumus merupakan hal paling dasar di Microsoft excel Cara Membuat Rumus(Formula)  di Ms Excel


Pada gambar di atas terlihat bahwa isi sel A1 yakni =5+2 atau penjumlahan bilangan 5+2, atau sama dengan 7.
Selain sanggup mengetik angka atau rumus secara langsung, kita juga sanggup menciptakan rumus dengan memakai sel rujukan ibarat teladan berikut ini :

Rumus merupakan hal paling dasar di Microsoft excel Cara Membuat Rumus(Formula)  di Ms Excel


Pada gambar tersebut terlihat bahwa pada sel C1 berisi rumus =A1-B1, dimana A1 = 7, B1 = 3, sehingga hasil yang didapat : 7-3 = 4. Selain dengan memakai sel rujukan dan operator aritmatika, anda juga sanggup memanfaatkan fungsi yang sudah disediakan di Microsoft excel, ibarat fungsi SUM() berikut ini :

Rumus merupakan hal paling dasar di Microsoft excel Cara Membuat Rumus(Formula)  di Ms Excel

Pada kolom D1 berisi rumus =SUM(A1:C1) . Fungsi SUM() mempunyai kegunaan untuk menjumlahkan bilangan yang menjadi parameternya, yakni A1:C1. Ini berarti fungsi SUM() akan menjumlahkan bilangan mulai dari yang terdapat di sel A1, B1, sampai C1. Secara matematis juga sanggup ditulis =A1+B1+C1. Salah satu kelebihan dengan memakai fungsi SUM() yakni kita sanggup menghemat penulisan sel referensi. Makara kita tidak perlu menulis =A1+A2+A3+…+A100, tetapi cukup =SUM(A1:A100) .
Demikianlah dasar-dasar cara penulisan rumus di Microsoft excel.

 

Tips Cara Cara Membuat Rumus(Formula) di Microsoft Excel

  1. Operator matematika yang umum dipakai adalah:
    • Operator + (plus) : untuk penjumlahan
    • Operator – (minus) : untuk pengurangan
    • Operator * (asterik, bintang) : untuk perkalian
    • Operator / (slash, garis miring) : untuk pembagian
    • Operator ^ (accent) : untuk pemangkatan.
  2. Untuk rujukan absolute anda sanggup memakai tanda “$” pada sel referensi, ibarat $A1, $B$3, C$6, dan lain sebagainya.

0 Response to "Cara Menciptakan Rumus(Formula) Di Ms Excel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel