Cara Menghitung Jumlah Laki-Laki/Perempuan Dan Tinggi Tubuh Siswa Di Ms Excel

Setelah pada topik sebelumnya membahas wacana bagaimana cara menghitung jumlah murid yang hadir, sakit, izin maupun alpa, pada topik kali ini akan membahas bagaimana menghitung banyaknya jumlah laki-laki dan perempuan yang ada dalam suatu kelas. Setelah itu dihitung pula tinggi rata-rata siswa perempuan dan siswa laki-laki. Untuk melaksanakan hal tersebut kita memakai dua buah fungsi yang ada di microsoft excel 2010. Fungsi pertama yaitu COUNTIF() yang akan dipakai untuk menghitung jumlah/banyaknya murid pria/wanita. Fungsi kedua yaitu SUMIF() yang akan dipakai untuk mendapat jumlah total tinggi tubuh para siswa tersebut. Untuk selengkapnya lihat pola berikut :


  1. Misalkan kita sudah mempunyai daftar siswa yang berisi nama, jenis kelamin dan tinggi badan. Setiap siswa Laki-laki diberi tanda “L”, sedangkan setiap siswa perempuan diberi tanda “P”.
  2. Setelah pada topik sebelumnya membahas wacana bagaimana cara menghitung jumlah murid yang Cara Menghitung Jumlah Laki-laki/Perempuan dan Tinggi Badan Siswa di Ms Excel
  3. Selanjutnya pilih sebuah sel kawasan dimana nilai/jumlah murid laki-laki akan ditempatkan, misalkan di sel G2 , kemudian ketik rumus =COUNTIF($C$2:$C$16,"L") dimana $C$2:$C$16 mengatakan range yang akan kita hitung sedangkan “L” yaitu elemen yang akan dihitung (untuk laki-laki). Range tersebut sesuai dengan panjang data yang anda miliki. Penggunaan tanda $ mengatakan bahwa range yang dipilih yaitu absolut, sehingga jikalau sel rumus di copy paste nilainya tidak akan berubah.
  4. Kemudian copy paste sel tersebut, misal pada G3, kemudian gantikan isi rumus “L” dengan “P” untuk menghitung jumlah murid perempuan.
  5. Setelah pada topik sebelumnya membahas wacana bagaimana cara menghitung jumlah murid yang Cara Menghitung Jumlah Laki-laki/Perempuan dan Tinggi Badan Siswa di Ms Excel
  6. Selanjutnya untuk mendapat tinggi rata-rata kita harus mendapat dahulu jumlah tinggi tubuh dari masing-masing kelamin dengan memakai fungsi SUMIF(). Misalnya pada sel H2 kita isi rumus : =SUMIF($C$2:$C$16,"L",$D$2:$D$16) , dimana $C$2:$C$16 mengatakan range yang akan dicek kondisinya (apakah “L” atau “P”), parameter kedua “L” mengatakan bahwa yang dijumlah yaitu sel yang mempunyai isi nilai “L”, dan $D$2:$D$16 yaitu sel yang akan kita jumlah nilainya. Tetapi rumus tersebut belum jawaban alasannya yaitu kita gres mempunyai jumlah tinggi tubuh sedangkan untuk mendapat nilai rata-rata tinggi tubuh harus kita bagi lagi dengan jumlah orang yang ada (sel G2 ), oleh alasannya yaitu itu rumus lengkapnya menjadi =SUMIF($C$2:$C$16,"L",$D$2:$D$16)/G2 .
  7. Lalu copykan untuk sel berikutnya dan ganti “L” dengan “P” untuk menghitung kelompok yang perempuan.


Setelah pada topik sebelumnya membahas wacana bagaimana cara menghitung jumlah murid yang Cara Menghitung Jumlah Laki-laki/Perempuan dan Tinggi Badan Siswa di Ms Excel



 

Tips Cara Menghitung Jumlah Laki-laki dan Perempuan dan Tinggi Badan Siswa dengan Ms Excel

  • Aplikasi atau penerapan fungsi yang ada di microsoft excel masih sanggup dan banyak lagi yang sanggup di explore.
  • Parameter fungsi biasanya dipisahkan oleh tanda “,” (koma) atau “;” (titik koma) tergantung pada konfigurasi yang anda gunakan.

0 Response to "Cara Menghitung Jumlah Laki-Laki/Perempuan Dan Tinggi Tubuh Siswa Di Ms Excel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel