Cara Menjumlahkan Bilangan Dengan Nominal Tertentu Di Ms Excel

Saat menciptakan rekapitulasi (aggregat / jumlah ) nilai kadang kita ingin mengetahui seberapa besar jumlah yang dari segini hingga segitu, atau dari sekian hingga sekian. Hal ini kita lakukan untuk mengetahui komposisi manakah yang terbanyak. Dalam aplikasi sehari hari, kita mungkin ingin mengetahui jumlah tabungan yang kelas menengah ke bawah apakah lebih banyak dari penabung kelas menengah ke atas, atau sebaliknya.
Untuk menghitung jumlah dengan kriteria tertentu kita dapat memakai kemudahan yang disediakan dalam microsoft excel 2010 adalah berupa fungsi SUMIF(). Berikut pola cara memakai fungsi tersebut:
  1. Misalkan kita mempunyai daftar pada range B2 hingga B11 berupa angka tabungan yang kurang dari 10 juta yang juga sudah kita hitung jumlahnya dengan memakai fungsi SUM().
  2. Selanjutnya kita ingin mengetahui berapakah jumlah untuk tabungan yang kurang dari Rp 5 juta dan untuk tabungan yang lebih/sama dengan Rp 5 juta
  3. Untuk melaksanakan hal tersebut contohnya pada sel B15 ktia ketik rumus =SUMIF(B2:B11,"<5000000") untuk mengetahui jumlah tabungan yang bernilai kurang dari 5 juta.
  4. Adapun untuk tabungan yang lebih atau sama dengan 5 juta pada parameter kriteria kita ganti tanda “<”dengan “>=” sehingga rumus menjadi =SUMIF(B2:B11,">=5000000")

 nilai kadang kita ingin mengetahui seberapa besar jumlah yang dari segini hingga segitu Cara Menjumlahkan Bilangan dengan Nominal Tertentu di Ms Excel


 

Tips Cara Menjumlahkan Bilangan dengan Nominal Tertentu di Microsoft Excel 2010

Untuk kriteria sama dengan (=), anda cukup menulis pribadi bilangannya dan juga dapat tanpa tanda kutip. Bila anda ingin kriteria yang lebih banyak, maka gunakan fungsi SUMIFS().
Jika anda ingin mengetahui jumlah penabung yang uangnya kurang dari 5 juta( atau sebaliknya, lebih dari /sama dengan 5 juta) maka gunakan fungsi COUNTIF().

0 Response to "Cara Menjumlahkan Bilangan Dengan Nominal Tertentu Di Ms Excel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel