Cara Singkat Menjumlahkan Angka Pecahan/Desimal Di Ms Excel

Angka potongan atau bilangan desimal yang berada dibelakang koma sebuah bilangan umumnya dianggap ”receh” dan diabaikan alasannya ialah dianggap kurang mempunyai arti. Tetapi kalau angka yang akan kita jumlahkan cukup banyak tentu nilai desimal akan menjadi berarti dan menciptakan kita layak untuk memperhitungkan angka desimal tersebut. cara yang paling umum dipakai untuk menghitungnya di microsoft excel 2010 ialah ibarat ilustrasi berikut.


Angka potongan atau bilangan desimal yang berada dibelakang koma sebuah bilangan umumnya di Cara Singkat Menjumlahkan Angka Pecahan/Desimal di Ms Excel


Misalkan kita mempunyai 14 buah bilangan. Pertama-tama dihitung nilai bilangan bundar yang ada pada kolom C (warna biru) dengan memakai fungsi INT() . Lalu untuk mendapat bilangan desimal pada kolom D (warna merah) dilakukan dengan cara mengurangi nilai orisinil pada kolom B (warna hitam) dengan bilangan bundar yang ada pada kolom C (warna biru). Setelah itu semua nilai potongan pada kolom D dijumlahkan dengan memakai fungsi SUM() dan didapat nilai 8.2383 .

Untuk melaksanakan proses perhitungan tersebut Sebenarnya kita tidak perlu “cakaran” yang ada pada kolom C dan D. Kita hanya perlu sedikit merekayasa fungsi. Misalkan letakkan kursor pada sel D18. Lalu ketikkan rumus =SUM(B2:B15-INT(C2:C15)) kemudian tekan tombol CTRL+SHIFT+ENTER . Hasil yang didapat akan otomatis sama dengan hasil perhitungan manual kita sebelumnya tetapi tentunya dengan proses yang relatif lebih singkat/cepat.


Angka potongan atau bilangan desimal yang berada dibelakang koma sebuah bilangan umumnya di Cara Singkat Menjumlahkan Angka Pecahan/Desimal di Ms Excel



 

Tips Cara Singkat Menjumlahkan Angka Pecahan/Desimal di Microsoft Excel

Perhatikan , saat anda menekan tombol CTRL+SHIFT+ENTER maka pada rumus otomatis akan nampak ditambahkan tanda kurung kurawal buka “{“ dan kurawal tutup “}”. Hal ini berbeda kalau anda mengetikkan kurawal buka dan tutup secara manual.

0 Response to "Cara Singkat Menjumlahkan Angka Pecahan/Desimal Di Ms Excel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel