Cara Mewarnai Sel Dengan Warna Otomatis Sesuai Urutan Nilai Di Excel 2010

Kita sering menjumpai daftar nilai, angka atau bilangan dalam kehidupan sehari-hari baik berupa nilai rapor, hasil ujian, hasil survei, dan masih banyak lagi. Ada banyak yang dapat dilakukan dengan daftar nilai tersebut, diantaranya ialah dengan menunjukkan warna pada sebuah nilai sesuai dengan urutannya di dalam daftar.

 angka atau bilangan dalam kehidupan sehari Cara Mewarnai Sel Dengan Warna Otomatis Sesuai Urutan Nilai di Excel 2010


Misalkan warna yang paling kecil (minimum) mempunyai warna putih, nilai yang lebih besar mempunyai warna yang lebih merah, nilai yang lebih besar lagi mempunyai warna lebih merahlagi, dan seterusnya sampai nilai maksimum yang mempunyai warna merah yang paling gelap (perhatikan tingkat warna kemerahan pada gambar di atas). Untuk melaksanakan hal tersebut kita dapat memanfaatkan kemudahan conditional formatting yang telah disediakan di microsoft excel 2010 menyerupai pola berikut :

  1. Blok / sorot daftar nilai yang anda miliki
  2. Selanjutnya pada ribbon Home klik tombol Conditional Formatting yang ada di grup Styles .
  3. Lalu pilih item Color scales dan dari daftar pilihan yang ada klik Red – White Color Scale
  4. Daftar tadi akan dibentuk mulai dari warna putih untuk nilai yang paling kecil (minimum)hingga warna paling merah (tua) untuk nilai yang paling besar (maksimum).


 angka atau bilangan dalam kehidupan sehari Cara Mewarnai Sel Dengan Warna Otomatis Sesuai Urutan Nilai di Excel 2010


 

Tips Cara Mewarnai Sel Dengan Warna Otomatis Sesuai Urutan Nilai

Selain memakai warna gradiasi atau tingkatan warna putih sampai merah, anda juga dapat memakai warna-warna lainnya. Meskipun demikian, pewarnaan ini kurang cocok kalau jumlah datanya banyak, alasannya ialah meskipun warna yang dibentuk (secara komputerisasi) berbeda tetapi mata insan tidak dapat membedakan perbedaan warna tersebut.

0 Response to "Cara Mewarnai Sel Dengan Warna Otomatis Sesuai Urutan Nilai Di Excel 2010"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel