Cara Mengatasi Hasil Print Yang Tidak Sesuai Di Ms Word

Pencetakan di Microsoft Word tidak selamanya berjalan mulus sesuai dengan rencana. Kita sering mendapati hasil pencetakan dokumen microsoft word yang tidak sesuai dengan keinginan kita. Padahal kita telah benar-benar yakin bahwa apa yang telah kita kerjakan telah kita lakukan dengan baik dan benar. Berikut ini ada beberapa duduk masalah yang sering terjadi apabila hasil print out dokumen tidak selancar dan sebenar dengan apa yang kita harapkan dan bagaimana kiat dan trik untuk mengatasinya.


Pencetakan di Microsoft Word tidak selamanya berjalan mulus sesuai dengan planning Cara Mengatasi Hasil Print Yang Tidak Sesuai di Ms Word


1. Kesalahan Pengetikan.

Ada isitlah jaman dahulu yang terkenal, GIGO. Garbage in, garbage out. Gold in, gold out. Jika ketikan anda salah, tentunya hasil yang anda harapkan tidak akan sesuai dengan keinginan anda. Oleh lantaran itu sebelum mencetak dokumen resmi, pastikan dokumen anda telah dilakukan pengecekan pengejaan dan tata bahasa (spelling dan grammar). Untuk mudahnya tekan saja tombol F7 untuk memulai pengecekan ejaan dan tata bahasa.

2. Hasil Print out yang Terpotong

Kesalahan yang juga sering terjadi ialah hasil cetak yang muncul di kertas ternyata terpotong atau tidak muncul semuanya. Kesalahan ibarat ini sanggup disebabkan oleh adanya ketidaksesuaian antara ukuran kertas yang dipakai untuk mencetak dengan ukuran kertas yang tercantum dan dipakai di setting printer anda. Mungkin anda hendak mencetak memakai kertas F4 atau Legal, tetapi setting printer anda memakai ukuran kertas yang lebih kecil misalkan A4 atau letter. Cara mengatasi problem ibarat ini ialah menyesuaikan ukuran kertas pada setting printer semoga sesuai dengan kertas yang akan anda gunakan untuk mencetak, dan bahkan jikalau perlu anda sanggup menambahkan atau menciptakan sendiri ukuran kertas gres yang benar-benar sesuai dengan kertas yang akan anda gunakan.

3. Hasil Cetak yang lebih kecil

Kesalahan ibarat ini ibarat dengan kesalahan sebelumnya, yakni setting printer memakai ukuran kertas yang lebih kecil. Perbedaannya ialah pada hasil print out yang terpotong ukuran pencetakan masih normal atau nyata (100%) dengan ukuran sebenarnya, sedangkan pada hasil print out yang lebih kecil dikarenakan adanya strecthing atau skala yang kurang dari 100%. Untuk mengatasinya ialah merubah ukuran kertas pada settting printer semoga sesuai dengan kertas yang akan dipakai untuk mencetak.

4. Garis Tabel tidak lurus

Terkadang hasil cetak dari printer menampilkan garis atau border tabel yang rada bengkok atau miring padahal anda yakin 100% bahwa garis tersebut bergotong-royong lurus baik horizontal maupun vertikal. Ketidak sesuaian ibarat ini sanggup terjadi lantaran anda memakai kualitas cetak yang rendah. Untuk mengatasinya, pada dokumen microsoft word anda jangan memakai kualitas draft . Bila hasil cetaknya masih sama, maka coba naikkan kualitas cetak dari printer. Bila sebelumnya berada pada kualitas economy atau draft maka tingkatkan menjadi kualitas normal atau best, atau mungkin kualitas photo. Kemungkinan lainnya ialah anda tidak memakai driver printer yang sesuai atau tepat. Mungkin anda hanya memakai driver printer yang kompatibel saja, alias printer sanggup dipakai tetapi kualitasnya tidak sebagus jikalau memakai driver printer aslinya.

5. Tulisan bergurat

Bila goresan pena pada lembar print out bergurat hal ini membuktikan ada yang salah dengan cartridge printer anda. Mungkin ada potongan dari printhead yang tersumbat lantaran adanya tinta yang kering. Cara mengatasinya ialah dengan melaksanakan cleaning ink head yang biasanya disediakan oleh driver printer. Bila hasil masih sama coba tingkatkan kualitas cetak printer ibarat pada point bahasan sebelumnya. Bila masih nakal juga, coba panggil teknisi khusus untuk melaksanakan penilaian sebelum anda mengganti cartridge printer / printhead tersebut.

6. Pencetakan Warna dan Gambar Background Dokumen

Saat anda menciptakan dokumen dengan memakai warna latar belakang atau gambar background terkadang hasil print ount yang anda peroleh tidak sama dengan tampilan ketika preview ataupun ketika pengeditan. Mungkin ketika pengeditan anda tidak melihat ada gambar background, tetapi kok ketika dicetak gambar background tersebut muncul. Atau sebaliknya, mungkin ketika pengeditan anda menambahkan gambar background, tetapi ketika pencetakan gambar tersebut justru tidak ada. Untuk mengatasi hal tersebut ada dua hal dalam dialog Word Options yang harus anda setting, yakni mengatur penayangan gambar/background pada ketika editing(Show Background colors and images in Print Layout View yang ada pada tab Advanced ), dan pencetakan gambar/background ke kertas print out (print background colors and images yang ada di tab Display ).


7. Sebagian Gambar Hilang

Kita biasa memakai gambar dengan aneka macam warna baik itu dalam bentuk chart maupun diagram dalam dokumen dan laporan. Akan tetapi ketika dokumen dicetak gres diketahui ada beberapa potongan gambar yang hilang atau warnanya tidak sesuai dengan tampilan atau preview. Ketidaksesuaian ini sanggup disebabkan ada tinta printer yang telah habis ataupun print head yang tersumbat lantaran ada tinta yang kering. Untuk mengatasinya coba dengan cara clean ink head printer tersebut atau jikalau tinta hitam masih tampak manis maka coba print ulang dengan memakai greyscale (abu-abu) saja. Bila masih bermasalah, bawa printer ke daerah servis printer saja ;)




 

Tips Cara Mengatasi Hasil Print Yang Tidak Sesuai di Microsoft Word

Masih banyak permasalahan pencetakan di microsoft word yang belum sempat dibahas di atas. Bila permasalahan terkait dengan printer yang anda gunakan dan masih belum sanggup tertangani ada baiknya mempertimbangkan untuk servis printer oleh tenaga ahli/montir.

0 Response to "Cara Mengatasi Hasil Print Yang Tidak Sesuai Di Ms Word"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel