Cara Mengeprint Dokumen Ms Word Sesuai Dengan Ukuran Kertas

Mengeprint atau mencetak dokumen microsot merupakan salah satu output yang perlu dilakukan. Salah satu permasalahan yang sering timbul yaitu ukuran kertas yang tersedia tidak sesuai dengan ukuran kertas pada dokumen yang kita buat tersebut. Kita dapat saja merubah ukuran kertas di dokumen ms word tersebut menjadi sesuai dengan kertas yang tersedia, akan tetapi cara ini tentu juga akan memakan waktu dan tenaga alasannya yaitu kita harus mengedit atau setidaknya menyesuaikan kembali tampilan atau layout isi dokumen dengan ukuran kertas yang baru. Cara tercepat untuk mengatasinya yaitu melaksanakan “strecth” atau adaptasi sesuai dengan ukuran kertas yang tersedia. Bila ukuran kertas pada dokumen ms word kita lebih kecil dari ukuran fisik kertas yang tersedia maka otomatis akan dilakukan skala pembesaran otomatis (misalnya dari kertas A4 ke Legal). Demikian juga kalau yang terjadi sebaliknya, maka print out akan dipaksa menjadi berukuran lebih kecil dari yang seharusnya (misalnya dari A3 ke letter). Untuk melaksanakan pencetakan tersebut kita dapat memakai kemudahan Scale to Paper Size yang disediakan di microsoft word 2010 sehingga kita dapat melaksanakan print full page. Untuk lebih jelasnya lihat pola berikut ini.

  1. Contoh situasi: Misalkan kita mempunyai dokumen dengan ukuran kertas Legal (8.5 x 14”) tetapi persediaan kertas yang tersedia di kantor hanya tersisa kertas dengan ukuran A4. Disisi lain, bos kita sudah ngebet pengin melihat laporan yang telah kita buat dalam wujud laporan print out. Langsung saja print laporan yang berukuran Legal dalam kertas berukuran A4.
  2. Klik sajian File kemudian pilih Print , atau tekan tombol keyboard (shortcut) CTRL+P
  3. Selanjutnya klik item Page Per Sheet dari pilihan yang muncul klik item Scale to Paper Size
  4. Kemudian pilih ukuran kertas yang akan dipakai untuk mencetak dokumen. Karena kita ingin mencetak pada kertas A4 maka pilih item A4 ( 8.3” x 11.7”)
  5. Langkah berikutnya klik tombol Print untuk memulai pencetakan dokumen.


Mengeprint atau mencetak dokumen microsot merupakan salah satu output yang perlu dilakukan Cara Mengeprint Dokumen Ms Word Sesuai Dengan Ukuran Kertas


 

Tips Cara Print Dokumen Microsoft Word Sesuai Dengan Ukuran Kertas

Dengan konsep yang sama, secara teoritis anda dapat mencetak dokumen yang anda miliki pada semua ukuran kertas yang tersedia mulai dari A3, A4, letter, legal, executive, ledger, B5, bahkan sampai ukuran amplop ataupun ukuran kertas yang hanya anda saja yang memilikinya (custom)! :D Bila ukuran kertas tidak ada pada daftar "target" kertas untuk pencetakan maka anda harus menciptakan sendiri ukuran kertas gres pada printer yang anda gunakan. Meskipun demikian tidak semua (driver) printer menyediakan kemudahan untuk menambahkan ukuran kertas gres (custom paper atau User defined paper).

0 Response to "Cara Mengeprint Dokumen Ms Word Sesuai Dengan Ukuran Kertas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel