Cara Pembulatan Bilangan Kelipatan Tertentu Di Ms Excel

Dalam kehidupan sehari-hari tidak jarang kita menemui angka atau bilangan sering dibulatkan pada kelipatan tertentu. Contoh gampangnya ialah pembulatan untuk uang. Untuk mempermudah kita menghitung dan membagikan uang kita biasanya memakai pendekatan dalam satuan atau kelipatan tertentu, misalkan kelipatan Rp 5.000,-. Sehingga bila uang tidak mencapai kelipatan Rp 5000 maka uang tersebut akan dibulatkan pada menjadi kelipatan 5000 terdekat. Untuk hal ibarat ini kita sanggup memakai fungsi MROUND() yang telah disediakan di Microsoft Excel yang akan membulatkan bilangan yang kita berikan kepada kelipatan bilangan terdekat. Sebagai contoh, uang Rp 6.900,- akan dibulatkan menjadi Rp 5.000,- sedangkan uang Rp 8.100,- akan dibulatkan menjadi Rp 10.000,-. Pada intinya, kalo uang kurang dari setengah kelipatan yang dimaksud (setengah Rp 5.000,- ialah Rp 2.500,-) maka akan dibulatkan ke bawah, sedangkan bila sama atau lebih dari setengah kelipatannya maka akan dibulatkan ke atas.

Sintaks penulisan fungsi MROUND()memiliki dua parameter input, yakni nilai yang yang akan dibulatkan dan kelipatan untuk pembulatan bilangan tersebut yang biasa ditulis MROUND( nilai, kelipatan) .Berikut teladan penggunaan fungsi MROUND().
Misalkan kita ingin menciptakan kelipatan bilangan 5000. Nilai tersebut kita letakkan pada sel B1. Sedangkan nilai bilangan yang ingin kita letakkan berada pada sel A4, A5, A6, dan seterusnya. Maka rumus untuk pembulatan bilangan yang diletakkan pada B4 ialah =MROUND(A4, $B$1) atau =MROUND( A4, 5000) . Selanjutnya kita copy kan rumus tersebut ke sel B5, B6, B7, dst. Penggunaan rujukan sel adikara $B$1 ialah untuk mempermudah kita kalau ingin merubah kelipatan menjadi yang lain (yang diganti hanya isi dari sel B1 saja).


hari tidak jarang kita menemui angka atau bilangan sering dibulatkan pada kelipatan terten Cara Pembulatan Bilangan Kelipatan Tertentu di Ms Excel


Pada aplikasi yang lain, kita tidak sanggup menciptakan pembulatan dengan kelipatan tertentu ibarat pada teladan di atas. Karena tidak jarang kita juga memerlukan pembulatan ke atas. Misalnya biro travel yang menciptakan paket perjalanan wisata yang mengharuskan bahwa setiap kelompok harus terdiri dari 7 orang, dan bila jumlahnya (sisanya) kurang maka akan tetap dianggap sebagai 7 orang. Oleh sebab itu bila dipesan untuk 8 orang akan tetap dianggap sebagai dua kelompok. Untuk pembulatan ibarat ini kita tidak sanggup memakai fungsi MROUND(), tetapi kita harus memakai fungsi ROUNDUP() yang akan melaksanakan pembulatan ke atas. Sintaks penulisan ialah ROUNDUP( bilangan, digit) dimana bilangan ialah nilai yang akan dibulatkan sedangkan digit ialah banyaknya desimal untuk pembulatan. Rumus empiris yang harus dipakai untuk problem ibarat teladan biro travel di atas ialah :


=ROUNDUP( bilangan/kelipatan, 0)*kelipatan


Kaprikornus teladan aplikasi rumus untuk biro travel ialah =ROUND( B4/$B$1, 0)*$B$1 dimana isi sel B1 ialah nilai kelipatan yang akan digunakan, atau sanggup juga ditulis =ROUND( B4/7, 0)*7 . Sedangkan untuk jumlah atau banyaknya kelompok sanggup didapatkan dengan membagi hasil pembulatan dengan nilai kelipatannya. Berikut teladan ilustrasi penerapannya di Microsoft excel.


hari tidak jarang kita menemui angka atau bilangan sering dibulatkan pada kelipatan terten Cara Pembulatan Bilangan Kelipatan Tertentu di Ms Excel



 

Tips Cara Pembulatan Bilangan Kelipatan Tertentu di Microsoft Excel

Dengan konsep yang sama, anda sanggup melaksanakan pembulatan ke bawah dengan mengganti fungsi ROUNDUP() dengan fungsi ROUNDDOWN() .

0 Response to "Cara Pembulatan Bilangan Kelipatan Tertentu Di Ms Excel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel