Cara Menggunakan Fungsi Vlookup Lebih Rinci

Fungsi VLOOKUP digunakan untuk mencari sebuah nilai dalam tabel dan mengembalikan nilai yang sesuai dengan baris yang sama. Nilai tersebut dicari pada kolom pertama sedangkan nilai yang dikembalikan atau diberikan berasal dari kolom lain pada baris yang sama.

 

Sintaks pemakaian VLOOKUP

VLOOKUP(nilai_kunci,tabel_array, indeks_kolom,Mode_pencarian)

 

Nilai_kunci

Merupakan nilai yang akan dicari pada kolom pertama dari tabel_array. Nilai_kunci sanggup berupa konstanta ibarat bilangan /angka( misal 1, 3, 7.5, ), logika (true, false) string (misal "satu", "tumpuk.com"), ataupun tumpuan (misal C4, $D5, $E$6).
Kenapa Nilai VLOOKUP sanggup menghasilkan #NA ? Karena nilai_kunci yang dicari dalam kolom pertama tabel_array tidak ditemukan.

 

tabel_array

merupakan sekumpulan data yang terdiri dari dua kolom atau lebih. Biasanya memakai tumpuan ke range atau nama range. Kolom pertama dari tabel_array merupakan nilai yang akan dicari dengan memakai nilai_kunci. Nilai tersebut sanggup berupa bilangan/angka, teks ataupun logika. Bila nilai berupa teks, maka karakter kecil dan karakter besar tidak dibedakan alias dianggap sama, misal "a" akan dianggap sebagai "A", begitu juga sebaliknya.

 

Indeks_kolom

merupakan nomor kolom dalam tabel_array dimana nilai yang dicari akan dikembalikan. Angka 1 akan menunjuk pada kolom pertama, angka 2 merujuk pada kolom 2, angka 3 merujuk pada kolom 3, dan seterusnya. Bila indeks kolom bernilai 5 dan nilai_kunci ditemukan pada baris 7 (di kolom 1) , maka nilai yang dikembalikan atau diberikan oleh fungsi VLOOKUP adalah nilai yang ada pada baris 7 kolom ke 5.
Kenapa VLOOKUP menawarkan nilai error #VALUE ? alasannya nilai indeks_kolom kurang dari 1
Kenapa VLOOKUP menawarkan nilai error #Ref ? Karena nilai indeks_kolom lebih besar dari jumlah kolom yang ada dalam tabel_array.

 

Mode_pencarian

Mode_Pencarian memilih bagaimana cara pencarian nilai_kunci pada kolom pertama tabel_array.
  • Bila Mode_Pencarian bernilai FALSE atau tidak diisikan (dianggap FALSE), maka pencarian nilai_kunci pada kolom pertama tabel_array dilakukan dengan cara mendapat nilai yang persis sama.
  • Bila Mode_Pencarian bernilai TRUE atau ada nilainya (bukan FALSE), maka mode pencarian dilakukan dengan cara memilih nilai yang persis sama atau mendekati. Bila memakai pencarian dengan mode ini sebaiknya data yang ada kolom pertama sudah diurutkan terlebih dahulu.
    Mendekati bukan berarti nilainya paling dekat, tetapi nilainya minimal melebihi dari nilai yang dicapai sebelumnya. Misalkan pada kolom pertama berisi angka 1, 10, 5000, 10000. Bila Nilai_kunci ialah 4000, maka nilai yang dikembalikan bukan yang berada pada baris yang sama dengan angka 5000, tapi justru pada baris yang sama dengan angka 10. Logikanya, 4000 lebih dari 10, tetapi 4000 belum lebih dari 5000.

 

Tips Cara Memakai Fungsi VLOOKUP Lebih Rinci

Bila kolom pertama berisi teks, maka pastikan bahwa tidak ada spasi yang "tidak tepat". Sebab teks "KATA " (dengan spasi di akhir) akan dianggap berbeda dengan "KATA" (tanpa spasi). Hal ini kadang menciptakan kita susah mencari dimana kesalahan tersebut terjadi alasannya dilayar akan tampak ibarat sama. Untuk mengatasinya anda sanggup gunakan tanda kurung "(" dan ")" sehingga akan terlihat perbedaan antara "(KATA )" dengan "(KATA)". Selain memakai tanda kurung tersebut, anda sanggup juga memakai fungsi TRIM atau CLEAN untuk menghilangkan spasi tersebut.

0 Response to "Cara Menggunakan Fungsi Vlookup Lebih Rinci"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel