Cara Penjumlahan Nilai Beberapa Kategori Tertentu Di Ms Excel

Penjumlahan tidak absurd lagi di Microsoft Excel dan biasanya kita memakai formula SUM. Tetapi kalau kita ingin menjumlahkan banyak nilai dengan kategori tertentu tentu akan sangat merepotkan. Untuk penjumlahan dengan satu buah kondisi anda dapat memakai fungsi SUMIF () tetapi kalau kondisi atau kriteria yang dipakai banyak (ada 2, 3, ..dst kondisi) maka anda harus memakai fungsi SUMIFS. Seperti penggunaan SUMIF, SUMIFS juga membutuhkan area yang akan dijumlah, area kriteria, dan kiterianya sendiri. Misalnya kita ingin mengetahui berapakah penjualan yang telah dibayar lunas dari masing-masing sales menyerupai teladan berikut:

Penjumlahan tidak absurd lagi di Microsoft Excel dan biasanya kita memakai formula  Cara Penjumlahan Nilai Beberapa Kategori Tertentu di Ms Excel

  1. Misal kita ingin mengetahui penjualan yang telah dilakukan Sales (Maya) telah lunas berapa unit, yang masih proses berapa unit.
  2. Taruh posisi kursor di daerah hasil penjumlahan akan diletakkan, misalkan pada sel E18
  3. Ketik fungsi =SUMIFS( pada sel tersebut atau pada formula kafe yang terletak di atas
  4. Kemudian blok area yang akan dijumlahkan bila kondisi terpenuhi, misal area sel D5:D14 (warna merah).
  5. Ketik , (koma) atau ; (titik koma) bila anda memakai separator titik koma
  6. Untuk Kriteria pertama, Selanjutnya blok area sel yang berisi kriteria atau kondisi yang akan dibandingkan, misalkan area sel nama sales C5:C14 (warna biru pada gambar)
  7. Ketik , (koma) atau ; (titik koma) bila anda memakai separator titik koma
  8. Selanjutnya ketikkan syarat yang ditentukan. Pilih pribadi merujuk ke sel yang mempunyai persyaratan misal sel C18 (warna biru, berisi goresan pena maya).
  9. Ketik , (koma) atau ; (titik koma) bila anda memakai separator titik koma lagi
  10. Untuk Kriteria kedua, blok area sel yang berisi kriteria atau kondisi yang akan dibandingkan, misalkan area sel nama sales E5:E14 (warna kuning pada gambar)
  11. Ketik , (koma) atau ; (titik koma) bila anda memakai separator titik koma lagi
  12. Selanjutnya ketikkan syarat yang ditentukan. Pilih pribadi merujuk ke sel yang mempunyai persyaratan misal sel E17 (warna kuning, berisi goresan pena "PROSES").
  13. Ketik ) (tutup kurung), sehingga rumus SUMIF terebut selengkapnya menjadi =SUMIFS(D5:D14,C5:C14,C18,E5:E14,E17)
  14. Tekan tombol ENTER
  15. Hasil penjumlahan untuk sales maya dengan kategori "PROSES" berjumlah 2 (Kalau tidak percaya, silahkan anda cek secara manual risikonya :D )

Tips Cara Penjumlahan Nilai Kategori Tertentu di Ms Excel

Untuk penjumlahan kategori yang lain anda dapat memakai copy/paste. Tapi harus anda ingat, sebelum di-copy untuk area sel harus anda tambahkan tanda dolar sehingga rumus tersebut menjadi : =SUMIFS($D$5:$D$14,$C$5:$C$14,$C18,$E$5:$E$14,E$17) Selamat Mencoba :)

0 Response to "Cara Penjumlahan Nilai Beberapa Kategori Tertentu Di Ms Excel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel