Trik Mencari Atau Mengganti Kata Dan Kalimat Di Microsoft Word

Anda tentu sering melaksanakan pencarian dan penggantian dengan menggunakan akomodasi Find and Replace. Untuk persiapan memulai pencarian kata anda dapat memakai tombol CTRL+F, sedangkan untuk menggantikan kata atau kalimat anda dapat memakai shortcut CTRL+H. Perbedaan mencolok keduanya terletak pada kotak Replace with yang ada untuk penggantian (pada pencarian / Find kotak tersebut tidak ditampilkan). Saya mempunyai beberapa tips dan trik untuk melaksanakan proses pencarian dan penggantian kata yang dapat anda gunakan.

 

Menggunakan Bantuan Spasi

Spasi dapat cukup membantu kita. Contoh : "beda " (Dengan spasi), maka anda akan menemukan dan/atau mengganti kata tersebut dengan "sama ". Dengan demikian kata "berbeda" akan berkembang menjadi "bersama" akan tetapi "dibedah" tidak akan berkembang menjadi "disama".

 

Menggunakan eksak / Match Case

Dengan menggnuakan Match Case anda hanya akan menemukan atau mengganti karakter yang benar-benar sama (termasuk bentuk penulisan karakter kecil/kapital). Misal memakai kata "Awal" diganti dengan "Mulai. Selanjutnya "awal" diganti dengan "mulai". Sehingga bila ada kata "Awal" yang muncul di awal kalimat tidak akan terganggu karakter kapitalnya

 

Menggunakan wildcard

Dengan memakai wildcard anda dapat menemukan pencarian dari sebuah kata / kalimat. Misal anda akan memakai "di?????kan" diganti dengan "tercantum". Maka kata-kata ibarat "diletakkan", "disebutkan", "diadakan", dan sejenisnya akan diganti dengan kata "tercantum".

 

Mencari keseluruhan kata tertentu (whole words)

Pencarian ini dipakai jikalau anda ingin mencari sebuah kata yang benar-benar utuh tidak ada imbuhan. Misalkan anda ingin mencari kata "beda" diganti dengan "sama". Maka yang anda temukan dan gantikan yaitu kata "beda" yang bangun sendiri, kata-kata ibarat "berbeda", "dibedakan", "bedah" dan sejenisnya akan diabaikan.

 

Gabungan Metode Pencarian

Silahkan gunakan kreasi dan improvisasi anda dengan menggabungkan ke empat buah trik pencarian di atas untuk mempercepat dan meningkatkan kearutan anda dalam melaksanakan pencarian dan penggantian kata / kalimat. :)

Tips Trik Mencari atau Mengganti Kata dan Kalimat di Microsoft Word

Untuk dapat mengakses Match Case, wild card ataupun whole words, anda dapat klik tombol "More" yang ada pada obrolan Find and Replace.

0 Response to "Trik Mencari Atau Mengganti Kata Dan Kalimat Di Microsoft Word"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel