Cara Menjumlahkan Nilai Dengan Syarat/Kriteria Tertentu (Sumif) Di Ms Excel

Penjumlahan ialah hal yang biasa kita lakukan di Microsoft Excel. Akan tetapi bagaimana kalau kita ingin menjumlahkan hanya angka yang mempunyai nilai tertentu, misalkan hanya untuk yang mempunyai nilai di atas 10? Untuk melaksanakan penjumlahan tersebut kita dapat memakai rumus SUMIF. Secara umum formula SUMIF mempunyai bentuk sebagai berikut : =SUMIF( range, kriteria, [sumrange]) Range ialah range sel yang akan kita jumlahkan sedangkan kriteria ialah syarat atau kriteria yang akan dipakai saat melaksanakan penjumlahan. Untuk lebih jelasnya lihat referensi berikut :

Penjumlahan ialah hal yang biasa kita lakukan di Microsoft Excel Cara Menjumlahkan Nilai dengan Syarat/Kriteria Tertentu (SUMIF) di Ms Excel

 

  1. Letakan posisi kursor pada daerah hasil penjumlahan akan diletakkan
  2. Ketik =SUMIF(C5:C9, untuk menjumlahkan angka yang ada pada sel C5 sampai C9
  3. Kemudian ketikkan ",>10" untuk memperlihatkan syarat atau kriteria bahwa angka yang akan dijumlahkan ialah nilai-nilai yang lebih besar dari 10
  4. Lengkapi rumus tersebut sehingga menjadi =SUMIF(C5:C9,">10")
  5. Tekan tombol ENTER
  6. Hasil penjumlahan akan segera ditampilkan, berupa nilai 29 ( hasil penjualan john =18, ditambah hasil penjualan andi=11)

 

Tips Menjumlahkan Angka dengan Microsoft Excel

  • Bila microsoft excel menolak rumus tersebut alasannya ialah "," (koma, maka separator yang dipakai oleh komputer anda kemungkinan ialah ";" (titik koma)
  • Setelah penjumlahan dilakukan anda dapat melaksanakan proses copy/paste terhadap baris atau kolom lain yang serupa. Pada referensi di atas, anda lanjutkan dengan copy/paste untuk kolom kulkas, mesin cuci, dst.
 

0 Response to "Cara Menjumlahkan Nilai Dengan Syarat/Kriteria Tertentu (Sumif) Di Ms Excel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel