Cara Menghitung Akar Kwadrat/Pangkat Dari Bilangan Di Ms Excel

Perhitungan akar dari sebuah bilangan sering dipakai dalam ilmu matematika, fisika, dan ilmu lainnya menyerupai ilmu ekonomi. Perhitungan akar bilangan secara manual akan lebih susah sehingga lebih baik memakai pertolongan software menyerupai microsoft excel. Untuk menghitung akar kuadrat atau akar pangkat dua dari sebuah bilangan kita sanggup memakai tanda Accent (^) atau fungsi SQRT() tetapi jika akar pangkatnya bukan dua maka anda sanggup memakai fungsi POWER().

Dasar untuk melaksanakan perhitungan akar yang harus anda ketahui yaitu :

Perhitungan akar dari sebuah bilangan sering dipakai dalam ilmu matematika Cara Menghitung Akar Kwadrat/Pangkat Dari Bilangan Di Ms Excel

Makara jika anda ingin menghitung akar pangkat 3 dari 8 (x=3, y=8) sama dengan berapa? Maka anda harus menghitung 81/3 dengan rumus =8^(1/3) atau =POWER( 8, 1/3) .

Hal yang sama sanggup anda lakukan untuk menghitung akar pangkat 3 dari 82. Dengan nilai x=3, y=8, z=2 maka anda sanggup memperoleh nilai: =8^(2/3) atau =POWER( 8, 2/3)

Selanjutnya untuk konstanta x, y, dan z pada rumus sanggup anda ganti dengan merujuk ke sel tertentu. Misal =C4^( D6/D7) atau =POWER( C4, D6/D7)

Perhitungan akar dari sebuah bilangan sering dipakai dalam ilmu matematika Cara Menghitung Akar Kwadrat/Pangkat Dari Bilangan Di Ms Excel

Dengan memakai rumus di atas anda sanggup menghitung semua akar bilangan baik akar pangkat 2, akar pangkat 3, akar pangkat 5, akar pangkat 100, dan sebagainya.

Tips Menghitung Akar Kwadrat/Pangkat Dari Bilangan Di Ms Excel

Untuk menghitung akar kwadrat atau akar pangkat 2 dari sebuah bilangan anda sanggup memakai fungsi SQRT().

Contoh : =SQRT(16) akan bernilai sama dengan =16^(1/2) atau =POWER( 16, 1/2) atau =16^0.5 atau =POWER( 16, 0.5)

0 Response to "Cara Menghitung Akar Kwadrat/Pangkat Dari Bilangan Di Ms Excel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel